FOLLOW US:


Arema FC dan Persib Bandung Disebut Tak Punya Sejarah Rivalitas

08-03-2020 08:04

 | Asad Arifin

Arema FC dan Persib Bandung Disebut Tak Punya Sejarah Rivalitas
Singgih Pitono dan Kuncoro (kanan) © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro, angkat bicara soal rivalitas antara timnya dan Persib Bandung. Menurut salah seorang legenda Arema Malang ini, tak pernah ada sejarah rivalitas antara kedua tim.

"Nggak ada dalam sejarah. Tidak ada masalah antara kedua klub atau kedua kelompok suporter sebelumnya. Kondisi saat ini kan akibat adanya blok-blokan yang terjadi di antara suporter Indonesia," kata Kuncoro.

Menurut Kuncoro, ada yang harus diubah terkait pola pikir suporter soal rivalitas. Pelatih berusia 46 tahun pun meminta agar tak ada lagi tumbal nyawa akibat adanya rivalitas ini.

"Jangan ada lagi nyawa yang hilang akibat rivalitas ini. Silakan fanatik, tapi jangan sampai baku hantam antara sesama suporter. Percuma," tegas Kuncoro.

"Lebih baik mereka beradu kreativitas memberi semangat pada tim yang didukung. Ini jauh lebih bermanfaat," sambungnya.

Arema FC akan menghadapi Persib Bandung pada laga pekan kedua mereka di Shopee Liga 1 2020. Pertandingan akan dihelat di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (08/03).

Laga diprediksi bakal berlangsung dalam tensi tinggi. Pasalnya, belakangan, kelompok suporter kedua tim terlibat dalam rivalitas.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1

Bisa Sudahi Rivalitas Tak Sehat

Kuncoro optimistis bahwa rivalitas tak sehat, seperti yang terjadi saat ini, bisa disudahi. Semuanya, sambung Kuncoro, tergantung dari niat dan upaya kedua belah pihak.

"Nah, ini yang agak susah. Harus dari kedua belah pihak, tak bisa hanya dari satu pihak saja. Kadang satu pihak ingin, yang lain tidak. Harus bersama," papar Kuncoro.

"Namun, saya yakin bahwa peluang agar rivalitas tak sehat ini dihentikan masih sangat besar," ucapnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)