FOLLOW US:


Banjir Striker Asing di Indonesia, Persebaya Lirik Pemain Lokal

13-03-2018 12:12
Banjir Striker Asing di Indonesia, Persebaya Lirik Pemain Lokal
Persebaya Surabaya © Ofisial Persebaya

Bola.net - Manajer Persebaya Surabaya, Chairul Basalamah mengaku prihatin atas minimnya penyerang lokal yang bisa diandalkan di Indonesia. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan timnas, federasi harus kembali mengambil jalan pintas dengan naturalisasi.

Di level kompetisi domestik, banyak klub yang tergantung terhadap pemain asing. Sehingga kondisi ini menggerakan Persebaya untuk mulai melakukan investasi penyerang lokal dengan memaksimalkan pembinaan di usia 19 tahun.

Salah satu caranya adalah meminta pelatih Persebaya U-19, Bejo Sugiantoro untuk blusukan ke beberapa wilayah di tanah air untuk mencari potensi lokal terutama striker untuk kemudian dibina bersama tim Persebaya junior.

"Kita serius sekali, khususnya striker, kita gak main-main, kita berinvestasi luar biasa di striker, mas Bejo sekarang saya suruh cari sebanyak-banyaknya striker dari anak-anak muda di Indonesia," ungkap Abud, sapaan akrabnya.

"Sebentar lagi dia akan terbang keliling Indonesia, itu menandakan kita serius karena sebenarnya ada kesedihan yang begitu mendalam dari saya pribadi dan tim. Bahwa kita masih tergantung luar biasa sama pemain interlokal," tegasnya.

Namun menurut Abud, investasi yang ia lakukan tidak bisa dilihat hasilnya langsung. Butuh waktu dua atau tiga tahun untuk bisa mengetahui berhasil atau tidaknya program tersebut.

(top/shd)