FOLLOW US:


BAORI: Peserta KLB Pengprov PSSI Asli, Bukan Caretaker

11-03-2013 20:12

 | Djohar Arifin

BAORI: Peserta KLB Pengprov PSSI Asli, Bukan Caretaker
BAORI dukung voters Solo sebagai pemilik suara sah. © PSSI
Bola.net - Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI) mengeluarkan keputusan mendukung keberadaan voters Solo untuk mengikuti Kongres PSSI pada 17 Maret mendatang di Jakarta. Berarti, ajuan beberapa pihak untuk tetap memasukan caretaker Pengurus Pengprov PSSI tidak akan terlaksana.

Dalam surat bernomor 22/BAORI/III/13 perihal Permohonan Fatwa, BAORI mengeluarkan beberapa keputusan yang tertera dalam lima poin. Dalam Surat Keputusan (SK) tersebut, BAORI menyatakan bahwa berdasarkan statuta PSSI terkait dengan keanggotaan, tidak satupun ketentuan yang mengatur tentang pembekuan kepengurusan anggota PSSI. Yang diatur terkait keanggotaan PSSI berdasarkan Bab II Keanggotaan adalah skorsing (Pasal 16), pemberhentian (Pasal 17) dan pengunduran diri (Pasal 8) anggota PSSI.

"Maka, surat keputusan tentang pembekuan 11 kepengurusan anggota PSSI sebagaimana telah diterbitkan oleh PSSI adalah tidak memiliki dasar hukum," tulis BAORI dalam SK yang diterima para wartawan, Senin (11/3) siang.

Keputusan tentang 11 Pengprov yang sudah disahkan oleh tim verifikasi diperkuat BAORI dalam poin ke lima di surat yang sama. Di poin kelima tersebut, keputusan diambil setelah memperhatikan MoU (memorandum Of Undertanding ) antara PSSI, ISL dan KPSI, Surat FIFA kepada PSSI tertanggal 30 Maret 2012 dan surat tertanggal 18 Desember serta Surat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang ditujukan kepada FIFA tanggal 13 Februari 2013.

"Maka untuk memenuhi rasa keadilan dan kepastian hukum, maka yang berhak menghadiri KLB PSSI 17 Maret 2013 sebagai anggota PSSI dengan hak voter dari ke-11 voter (kesebelas) Pengprov PSSI adalah Pengurus Provinsi PSSI yang asli bukan caretaker yang dibentuk oleh Ketua Umum PSSI Johar Arifin Husin," bunyi surat BAORI tersebut.

Keputusan BAORI tersebut disambut baik oleh para pengurus Provinsi PSSI termasuk Pengurus Pengprov PSSI Jawa Tengah. Sekretaris Umum (Umum) Pengrov PSSI Jawa Tengah Johar Lin Eng berharap apapun hasil kongres nanti harus bermuara kepada satu tujuan untuk membawa sepak bola Indonesia semakin berprestasi.

"Jadi selama ini, di daerah terjadi dua kepengurusan dan dua kompetisi. Itu cukup membingungkan teman-teman di daerah yang merupakan ujung tombak pembinaan sepak bola Indonesia," kata Johar Lin Eng.

"Semua teman-teman di daerah setuju kalau kongres ini harus menyelesaikan dualisme semuanya. Sehingga, konsentrasi kami benar-benar fokus untuk pembinaan saja," tandasnya.

Berikut 11 Pengprov PSSI yang terakhir disahkan oleh tim verifikasi dan dikuatkan Keputusan BAORI:

  1. Sumatra Barat

  2. Kepri

  3. Bengkulu

  4. Sumatra Selatan

  5. Lampung

  6. Jateng

  7. DIY

  8. Gorontalo

  9. Sulawesi Utara

  10. Sulawesi Selatan

  11. Maluku Utara