FOLLOW US:


Bertemu Exco PSSI Akhir Pekan Lalu, Ini Permintaan Klub-klub Liga 1

27-11-2017 22:47
Bertemu Exco PSSI Akhir Pekan Lalu, Ini Permintaan Klub-klub Liga 1
Liga 1. © ist

Bola.net - Klub-klub Liga 1 mencurahkan kerisauan mereka terkait belum tuntasnya pembayaran hak subsidi mereka dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator kompetisi. Curahan kerisauan klub ini terjadi dalam ajang pertemuan mereka dengan Komite Eksekutif PSSI, akhir pekan lalu.

Media Officer Arema FC, Sudarmaji, yang ikut hadir pada pertemuan ini menyebut bahwa ajang tersebut adalah audiensi nonformal. Ada banyak wacana, termasuk evaluasi terkait bergulirnya Liga 1.

"Namun, yang paling utama, adalah mencari solusi atas kewajiban operator kepada klub terkait subsidi," ujar Sudarmaji, pada Bola.net.

Menurut Sudarmaji, klub-klub Liga 1 merasa telah mnyelesaikan kewajiban mereka dalam menjalani kompetisi. Namun, sampai sejauh ini, mereka belum menerima hak, yang sebelumnya telah dijanjikan.

Akibat tertundanya pembayaran hak mereka, klub juga tertunda dalam memenuhi kewajiban mereka pada pemain dan pelatih. Karenanya, tak mau masalah ini berlarut-larut dan mengganggu persiapan mereka jelang musim kompetisi 2018, klub-klub ini mengajukan usulan pada para anggota Exco yang hadir.

Sudarmaji

"Salah satu usulan yang berkembang adalah kewajiban klub kepada pihak lain, misal kepada pemain atau official, dialihkan menjadi tanggungan operator dikarenakan macetnya pembayaran sisa subsidi," tutur Sudarmaji.

Sudarmaji menambahkan, saat ini, klub sangat khawatir. Mereka takut apabila hak klub tersebut tidak segera terselesaikan akan ada dampak bagi klub. Apalagi jika pemain melapor kepada FIFA atau wadah profesional pemain.

"Namun, klub optimistis bahwa Exco memiliki solusi dan akan menyampaikan rekomendasi untuk dibahas oleh pimpinan PSSI, operator dan klub," papar pria berusia 41 tahun ini.

Lebih lanjut, Sudarmaji menilai, Exco menunjukkan respon positif. Pria asal Banyuwangi ini menyebut, kendati tak bisa memutuskan, Exco akan menindaklanjuti keresahan dan usulan klub-klub tersebut.

"Menjadi concern penting untuk dikomunikasikan kepada Ketum PSSI dan operator untuk dicarikan solusi, utamanya menghadapi seandainya ada pemain yang melapor ke FIFA," tandasnya.