FOLLOW US:


Besok Exco PSSI Pulihkan Status Persebaya

09-11-2016 17:15
Besok Exco PSSI Pulihkan Status Persebaya
Persebaya Surabaya © bolanet

Bola.net - PSSI akan memulihkan kembali status Persebaya Surabaya yang sempat dicoret dari keanggotaan. Pengembalian status akan dilakukan saat Kongres PSSI di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Kamis besok.

"Kami sebagai exco, pengurus PSSI yang akan kongres besok pagi tentu punya komitmen bahwa Persebaya Surabaya akan segera kami pulihkan dari catatan sanksinya," ujar anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Tony Apriliani di Stasiun Senen, Jakarta, Rabu (9/11).

"Persebaya akan bisa berkompetisi lagi di kompetisi resmi yang diakui PSSI, AFC, dan FIFA. Kami beri ruang mereka nanti di Divisi Utama di bawahnya ISL," tambahnya.

Sebelumnya, PSSI menghukum Persebaya karena mereka mengikuti kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Selain Persebaya, enam klub yang juga akan segera dipulihkan statusnya adalah Arema Indonesia, Persewangi Banyuwangi, Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Lampung FC, dan Persipasi Kota Bekasi.

Seperti diketahui, pada tahun 2013 lalu, Indonesia sempat terjadi dualisme kompetisi yaitu ISL, dan IPL. Di mana kompetisi yang diakui oleh FIFA adalah ISL, namun tujuh klub tersebut memutuskan untuk bermain di IPL, sehingga status mereka dibekukan oleh PSSI.

Tony menegaskan, pengaktifan kembali status tujuh klub tersebut sudah diagendakan di dalam forum kongres. Tentunya dengan persetujuan dan kesepakatan seluruh voters atau pemilik suara.

"Mulai dari penetapan anggota-anggota baru PSSI kemudian pemutihan orang yang di sanksi, klub, pengurus, wasit, dan sebagainya itu akan dipulihkan," tutupnya.