FOLLOW US:


BOPI Tak Kompromi Jalankan Verifikasi Musim 2018

12-12-2017 16:58
BOPI Tak Kompromi Jalankan Verifikasi Musim 2018
Persija Jakarta vs Sriwijaya FC © Fitri Apriani

Bola.net - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menegaskan tak akan lagi memberi banyak toleransi pada klub-klub peserta liga profesional dalam memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan. Mereka menyebut akan menegakkan aturan verifikasi sebelum bergulirnya kompetisi profesional.

Kompetisi 2017 menyisakan sejumlah masalah meski telah usai [menyisakan Liga 3 yang masih di babak 8 besar]. Salah satu masalah yang mengemuka adalah masih tertunggaknya pembayaran gaji pemain sejumlah klub peserta.

Belakangan muncul lagi masalah lain ke permukaan. Akun Transfer Matching System (TMS) Persebaya Surabaya ternyata dipergunakan Bhayangkara FC. Permasalahan ini seakan kembali memantik konflik identitas sejumlah klub, yang sempat menjadi alasan BOPI tak memberi rekomendasi beberapa klub bermain pada 2015 lalu.

"Musim lalu, kami tak melakukan verifikasi penuh pada Liga 1 dan Liga 2. Banyak toleransi kami berikan. Ketua Umum BOPI menekankan pada kami agar pada 2018 mendatang verifikasi benar-benar dilaksanakan sesuai aturan," ujar Ketua Tim Verifikasi BOPI, Kol (Cba) Iman Suroso.

Iman menyebut tak menyeluruhnya proses verifikasi dijalankan berdampak negatif. Ada sejumlah celah yang tidak dipatuhi oleh klub-klub peserta kompetisi. "Celah-celah ini dilalaikan dan tidak dijalankan sesuai dengan ketentuan yang ada," tutur Iman.

Menurut Iman, pada musim 2018, mereka kembali akan bertindak tegas dan tanpa kompromi. Bahkan jika klub-klub tak memenuhi persyaratan legalitas, BOPI tak akan segan mengulangi sikap tegas mereka pada 2015 lalu tak memberi rekomendasi.

"Semoga kali ini tak ada lagi intervensi," tegasnya.