FOLLOW US:


BOPI Terbitkan Rekomendasi untuk Liga 1 2019

10-05-2019 17:07
BOPI Terbitkan Rekomendasi untuk Liga 1 2019
Ketua BOPI, Richard Sam Bera (Kanan) menyerahkan Surat Rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 kepada Direktur Interim PT Liga Indonesia Baru, Dirk Soplanit (Kiri) © Fitri Apriani

Bola.net - Permohonan surat rekomendasi penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2019 yang diajukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya berbuah manis. Sebab pada hari ini, Jumat (10/5), Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah resmi menerbitkan surat tersebut.

Surat rekomendasi diberikan usai BOPI menggelar pertemuan dengan LIB, PSSI, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI). Pertemuan digelar di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

"Terima kasih kepada para undangan yang telah hadir dari LIB, PSSI, Persija, BFC, dan APPI. Tugas BOPI mengundang adalah untuk sama-sama menyaksikan penyerahan rekomendasi BOPI kepada LIB sebagai operator Liga 1 2019 yang merupakan liga sepak bola profesional tertinggi di Indonesia," ujar Ketua BOPI, Richard Sam Bera.

"Selama 30 hari terakhir, tim verifikasi BOPI telah bekerja mengumpulkan berbagai data dan dokumen dari LIB serta melakukan kunjungan ke beberapa stadion tempat klub bermain guna melakukan verifikasi terhadap peserta Liga 1," katanya menambahkan.

Adapun, kompetisi Liga 1 musim 2019 akan kick off pada 15 Mei mendatang. Pertandingan antara PSS Sleman versus Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, bakal jadi laga pembuka.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Imbauan BOPI

Tak hanya sekedar mengeluarkan rekomendasi, BOPI juga memberikan imbauan. BOPI pun berharap agar kompetisi Liga 1 2019 berjalan aman.

1. BOPI berharap operator beserta panpel masing-masing kompetisi bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab. Dari awal pertemuan BOPI dan LIB maupun sepak bola, tidak ingin lagi ada tindak kekerasan di dan sekitar pertandingain Liga 1 2019 nanti. BOPI akan bereaksi tegas jika ada tindakan yang tidak diinginkan terjadi. Kita semua sudah melihat penyelenggaraan event skala besar saat Asian Games dan Para Games 2018 lalu, cabor sepak bola juga sudah melihat dan merasakan bagaimana pertandingan kelas dunia bisa digelar, itu artinya Indonesia mampu menyelenggarakan pertandingan bertaraf dunia yang dapat menciptakan rasa aman, menghibur, dan BOPI berharap itu bisa berlanjut di Liga 1 2019.

2. Untuk federasi, BOPI berharap PSSI menjadi lembaga yang tegas, fair, transparan dan bertanggung jawab kepada kompetisi Liga 1. PSSI seyogyanya bisa menaungi Liga 1 dengan baik, menyediakan pengadil yang bersikap profesional, dan integritas tinggi mengawal setiap pertandingan Liga 1 2019.

3. Kepada klub, BOPI berharap seluruh klub berkompetisi dengan sehat, berintegrasi tinggi dan bertanggung jawab. Olahraga sepak bola profesional adalah sebuah bisnis hiburan olahraga. Oleh karena itu setiap pebisnis yang bergelut di bidang ini harus bersikap fair. BOPI berharap ketidak mampuan membayar gaji pemain di tengah kompetisi tidak terjadi lagi musim ini dan masa depan. Klub juga dituntut membangun hubungan baik dengan masyarakat di kotanya dan pendukungnya saat mengikuti Liga 1.

4. Untuk pemain, BOPI berharap untuk bersikap sportif di Liga 1 baik di lapangan dan luar lapangan. Para pemain harus menjadi contoh masyarakat luas, terutama suporter. bahwa pemain dari tim yang berlawanan pun dapat saling menghormati satu sama lain di dalam dan luar lapangan.

5. Kepada suporter, BOPI minta jauhkan tindakan kekerasan antar suporter. BOPI berharap tidak ada satu pun tawuran lagi di Indonesia hingga sampai ada korban tewas. Suporter tim lain bukan musuh yang harus dimusnahkan.