FOLLOW US:


Bukan Asisten Pelatih, Jabatan Fernando Soler di Persib Ternyata sebagai Penerjemah

05-04-2018 09:55
Bukan Asisten Pelatih, Jabatan Fernando Soler di Persib Ternyata sebagai Penerjemah
Roberto Carlos Mario Gomez dan Fernando Soler. © Fitri Apriani

Bola.net - Persib Bandung memberikan klarifikasi bahwa Fernando Soler memiliki jabatan sebagai penerjemah. Jadi tugas Soler sebenarnya bukan sebagai asisten Roberto Carlos Mario Gomez yang menjabat sebagai pelatih kepala, melainkan menjadi jembatan bagi pelatih asal Argentina tersebut untuk berkomunikasi dengan para pemainnya.

Klarifikasi tersebut diungkapkan Sekretaris Persib Bandung, Yudiana. Adanya regulasi yang mengatur penentuan peran ofisial dalam tim membuat Persib mengambil langkah tersebut.

"Manajemen patuh kepada regulasi yang diterbitkan PT Liga Indonesia Baru (LIB), di mana tertera jabatan seorang asisten pelatih hanya boleh diisi satu orang," ujar Yudiana seperti dilansir situs resmi Persib Bandung, Rabu (4/4/2018).

"Jadi dengan aturan PT LIB, Soler di sini menjabat sebagai penerjemah untuk Mario Gomez, yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pemain dan pelatih," lanjutnya.

Dalam pasal 30 ayat 5 regulasi Liga 1 2018 tentang ofisial tertulis:

"Dari tujuh ofisial yang diperbolehkan duduk di bangku cadangan, 3 di antaranya wajib berada di bangku cadangan dalam setiap pertandingan dengan jabatan sebagai berikut, a. manajer tim, b. pelatih kepala, c. dokter tim; Sementara 4 orang ofisial lain dengan salah satu jabtan sebagai berikut: a. asisten manajer, b. asisten pelatih, c. pelatih penjaga gawang, d. pelatih fisik, e. media officer, f. interpreter, g. security officer, h. direktur teknik, i. fisioterapis, j. kitman. Seluruh jabatan tersebut hanya dapat didaftarkan untuk 1 personil (contoh: tidak diperbolehkan asisten manajer 1, asisten manajer 2, dan lain-lain). Kecuali untuk jabatan kit man diperbolehkan didaftarkan lebih dari 1 personil.

Persib mendaftarkan asisten pelatih atas nama Mochammad Herrie Setyawan, sebagai pendamping pelatih kepala Mario Gomez. Imbasnya membuat jabatan Soler dituliskan sebagai penerjemah dalam daftar susunan pemain yang dikeluarkan saat Persib bertanding di Liga 1 2018.

Ketidakpastuan status Fernando Soler ini memicu kalangan suporter Persib melancarkan tuntutan. Beberapa di antara bobotoh membentangkan spanduk yang meminta Soler meninggalkan Persib. Ada di kalangan bobotoh juga merupakan agen pemain.

Soler sendiri di dua laga terakhir selalu menjadi instruktor ketika Persib Bandung menjalani pertandingan menghadapi PS Tira dan Sriwijaya FC di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Di dua laga tersebut, Persib tak pernah memetik kemenangan.

Menghadapi Mitra Kukar akan menjadi debut Mario Gomez dalam memberikan arahan pada Persib dalam laga resmi. Mantan pelatih JDT tersebut baru kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan urusan keluarga yang mendesak.

Sumber: Bola.com