FOLLOW US:


Daftar Calon Kepala Daerah setelah Menjabat Ketua Umum PSSI

23-11-2017 09:23
Daftar Calon Kepala Daerah setelah Menjabat Ketua Umum PSSI
Edy Rahmayadi dan Imam Nahrawi © Fitri Apriani

Bola.net - Ketua Umum PSSI saat ini, Edy Rahmayadi, akan maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2018 mendatang. Ia sudah mendapat dukungan dari Partai Gerindra.

Pria 56 tahun yang memiliki jabatan Pangkostrad di Angkatan Darat tersebut bukan satu-satunya yang aktif di PSSI kemudian maju sebagai kepala daerah. Para pendahulunya, juga banyak yang terjun ke dunia politik setelah mengurus PSSI.

Edy sendiri terpilih sebagai Ketua Umum PSSI sejak 2016 lalu. Mestinya ia akan menjabat di federasi sepakbola Indonesia tersebut hingga 2020 mendatang.

Memang tak ada larangan hukum bagi Edy maju sebagai calon Gubernur meskipun menjabat sebagai Ketum PSSI.

Dan berikut ini adalah orang-orang yang pernah menjabat sebagai Ketua PSSI lalu mencoba menjadi kepala daerah:

1 dari 3

La Nyalla Mattalitti

La Nyalla Mattalitti
La Nyalla merupakan Ketua PSSI yang menjabat mulai dari 2015 hingga 2016 kemarin. Ia menggantikan Djohar Arifin Husin.

Pada masa kepemimpinannya PSSI sempat mandek karena mendapat sanksi dari FIFA. Hal itu disebabkan campur tangan pemerintah yang tak puas dengan kinerja PSSI. Akibatnya, Timnas Indonesia tak bisa mengikuti berbagai kompetisi.

La Nyalla kini sedang menapaki kariernya di dunia politik. Ia akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur pada Pilkada serentak pada 2018 mendatang.
2 dari 3

Nurdin Halid

Nurdin Halid
Nurdin Halid memangku jabatan sebagai Ketua Umum PSSI mulai dari 2003 hingga 2011. Cukup lama, bukan?

Ia sempat tersandung masalah hukum dan harus mendekam di penjara. Hal itu tak membuatnya meninggalkan PSSI, bahkan ia memimpin organisasi sepakbola di Indonesia dari balik jeruji besi.

Sekarang ia sudah tak punya jabatan di PSSI tapi ia mengincar jabatan sebagai Gubernur Sulawesi Selatan pada Pilkada 2018 mendatang.
3 dari 3

Djohar Arifin Husin

Djohar Arifin Husin
Djohar Arifin terpilih sebagai Ketua Umum PSSI lewat Kongres Luar Biasa PSSI di Surakarta. Ia menjabat posisi tersebut periode 2011 hingga 2015.

Djohar Arifin merupakan mantan pemain sepakbola yang pernah membela PSMS medan pada era 70-an. Ketika lengser posisinya digantikan oleh La Nyalla Mattalitti.

Djohar kini akan memasuki babak baru. Ia dikabarkan akan maju sebagai calon Bupati di Langkat pada Pilkada 2018 mendatang.