FOLLOW US:


Dapat Caci Maki dan Cemoohan, Ini Tanggapan Pelatih Arema FC

25-03-2018 00:47
Dapat Caci Maki dan Cemoohan, Ini Tanggapan Pelatih Arema FC
Fitri Apriani © fitri apriani

Bola.net - Joko Susilo mengaku paham dengan caci maki yang dilontarkan sekelompok Aremania menyusul kegagalan Arema FC meraih kemenangan. Pelatih Arema FC ini menyebut caci maki tersebut merupakan wujud ketidakpuasan penonton atas pergantian pemain, yang mereka anggap sebagai biang kegagalan meraih kemenangan.

"Mereka banyak yang tidak puas dengan pergantian yang saya buat tadi," ujar Joko Susilo.

"Banyak yang tidak tahu, mengapa pemain yang masih bagus diganti," sambungnya

Lebih lanjut, pelatih yang karib disapa Gethuk ini pun membeber alasannya melakukan pergantian pemain pada pertandingan ini. Ia menyebut bahwa pergantian ini bukan merupakan keinginannya, tapi merupakan sebuah keharusan.

"Pemain sendiri yang minta diganti. Bukan saya yang minta pergantian," tuturnya.

Sebelumnya, Gethuk sempat mengubah komposisi timnya di tengah laga kontra Mitra Kukar. Pelatih berusia 47 tahun ini menarik keluat Purwaka Yudi pada menit 76, dan memasukkan M. Zaenuri. Masuknya Zaenuri ini dinilai merupakan penyebab gawang Arema bobol pada menit 81 dan 87.

Akibat dua gol yang bersarang ke gawang Kurniawan Kartika Ajie ini membuat Arema FC gagal meraih kemenangan pada laga ini. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu , mereka harus rela berbagi angka 2-2.

Akibat kecewa dengan hasil imbang ini, sekelompok Aremania melontarkan caci maki usai wasit Nusur Fadillah meniup peluit panjang. Dalam caci maki dan sumpah serapah, mereka mempertanyakan kemampuan Gethuk dalam meracik strategi.

Gethuk sendiri mengaku siap bertanggung jawab atas hasil ini. Ia meminta agar suporter berhenti menyalahkan pemain Arema,terkait kegagalan ini.

"Pemain sudah berusaha maksimal," tandasnya.

Sementara itu, hujatan dan caci maki sekelompok Aremania ini juga diimbangi dengan bentuk dukungan moril bagi tim yang ditunjukkan sekelompok Aremania lain. Kelompok ini nampak memenuhi area mixed zone yang dilewati para penggawa Arema FC ketika keluar dari ruang ganti dan menuju bus.

Kelompok pendukung ini menyanyikan lagu-lagu pembakar semangat sembari memberi applaus pada tiap pemain yang lewat di area mixed zone. Para pemain pun membalas dukungan moral ini dengan melambaikan tangan pada para Aremania tersebut. Bahkan, beberapa pemain menyempatkan diri untuk bersalaman langsung dengan para pendukung klub berlogo singa mengepal tersebut.

Video: Dukungan Aremania pada para pemain Arema di Mixed Zone Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu .