FOLLOW US:


Dari Peringkat 24, PSSI Targetkan Liga Indonesia Jadi 10 Besar di Asia

21-12-2017 14:39
Dari Peringkat 24, PSSI Targetkan Liga Indonesia Jadi 10 Besar di Asia
PSSI © Fitri Apriani

Bola.net - Prestasi sepakbola di Indonesia memang belum mentereng di kawasan Asia. Namun PSSI punya ambisi besar untuk membawa sepakbola Indonesia menduduki 10 besar di Asia.

Dalam rilis terbaru terkait rangking sepakbola di Asia berdasarkan Asian Football Confederation (AFC), Indonesia masih tertinggal jauh di peringkat 24. Indonesia masih kalah dari Malaysia yang menduduki peringkat 13. Bahkan posisi Indonesia tergeser oleh sepakbola Singapura dan Filipina pada tahun 2017 ini.

Akibatnya, jatah klub dari Indonesia yang akan bermain di Piala AFC pada 2019 akan mendapat pengurangan. Dari mulanya ada dua klub yang langsung lolos ke fase grup, musim depan hanya akan ada satu klub yang langsung lolos sementara sisanya harus melewati babak kualifikasi.

Hal ini menjadi tanggungjawab PSSI. Oleh sebab itu, Ratu Tisha sebagai Sekretaris Jenderal PSSI mengatakan bahwa sepakbola Indonesia dalam jangka waktu lima tahun ke depan sudah harus bisa menjadi 10 besar di kawasan Asia.

"Saat ini dengan seluruh pergerakannya, setidaknya kami harus jadi yang terbaik industri perutarannya di Asia," ucap Ratu Tisha, Rabu .

"Jadi nantinya lima setahun ke depan harus masuk top 10 di Asia," sambungnya.

Selain itu, PSSI juga punya target lain pada 2034 di mana Indonesia ingin bisa bermain di Piala Dunia sekaligus menjadi tuan rumah.

"Pada 2034 nanti kami ingin bidding tuan rumah Piala Dunia itu tak sekedar mimpi. Kami sangat yakin dan tahu roadmapnya ke mana," jelasnya.