Dihujat Publik Usai Ikut Angkat Trofi Piala AFF U-16, Ini Pembelaan Menpora Zainudin Amali

Abdi Rafi Akmal | 14 Agustus 2022 19:50
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, angkat bicara terkait sorotan yang diarahkan kepadanya terkait kejadian ikut mengangkat trofi kemenangan Timnas Indonesia U-16 beberapa waktu lalu. Amali menyebut bahwa kejadian tersebut karena ia diajak dan bukan karena keinginannya sendiri.

"Bukan keinginan saya, tapi Iqbal dan kawan-kawan yang sedang gembira meminta saya berfoto memegang piala dengan mereka," kata Amali, dalam rilis yang didapat Redaksi Bola.net, Minggu (14/08).

"Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya," sambungnya.

Sebelumnya, Amali menjadi sorotan karena tertangkap kamera sedang mengangkat trofi juara Piala AFF U-16, yang dimenangi Timnas Indonesia U-16. Kejadian tersebut dianggap tak etis karena seakan numpang tenar di tengah kerja keras skuad besutan Bima Sakti tersebut. Selain Amali, Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, yang ikut dalam perayaan tersebut juga tak lepas dari hujatan.

Hujatan bagi kedua petinggi olahraga di Indonesia tersebut juga bergema di dunia maya. Warganet kompak menyebut apa yang dilakukan Amali dan Iwan Bule tak pernah terjadi di belahan dunia manapun.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Beber Kronologi

Amali pun membeber kronologi ia bisa ikut mengangkat trofi tersebut. Menurutnya, hal tersebut berawal dari permintaan master of ceremony (MC) agar ia naik ke panggung bersama Presiden AFF, Sekjen AFF, Ketum PSSI, dan Sekjen PSSI.

"Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik," kata Amali.

Kemudian, menurut politisi Partai Golkar tersebut, bersama dengan Ketum PSSI dan Sekjen AFF, ia diminta oleh Presiden AFF untuk menyerahkan piala dan memegang trofi. Kemudian, trofi ini diangkat juga secara bersama.

"Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara pertama. Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada kapten tim," Amali menjelaskan.

"Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat ke atas bersama-sama," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Diajak Penggawa Timnas U-16

Amali menambahkan, setelah penyerahan trofi ini, para penggawa Timnas Indonesia U-16 kembali mengajaknya untuk berfoto bersama sembari mengangkat trofi. Hal ini sebagai bentuk euforia dan kebanggaan atas kemenangan Timnas Indonesia U-16.

"Ramailah suasananya. Anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama. Setelah itu, saya turun podium, tapi baru beberapa langkah Iqbal dan kawan-kawan serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka," kata Amali.

"Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR