FOLLOW US:


Divisi Utama: Jamu Persik, PSIS Janji Tampil Maksimal

10-12-2011 12:45
Divisi Utama: Jamu Persik, PSIS Janji Tampil Maksimal
Divisi Utama PSSI

Bola.net - Melakoni laga pembuka Divisi Utama melawan Persik Kediri di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12), PSIS menggaransikan untuk tampil maksimal.

Dua pemain asing yang sebelumnya bermasalah dengan International Transfer Certivicate (ITC), Vitor Borges De Souza dan Han Ji Ho, kini sudah bisa diturunkan.

Dengan begitu, pelatih PSIS, Edy Paryono, memiliki 23 pemain yang bisa jadi pilihan untuk melakoni pertandingan nanti.

Tidak hanya itu, proses alih status enam pemain lokal juga sudah beres. Hanya, gelandang asal Italia, Simon Quintieri, yang masih bermasalah dengan ITC.

Namun, kemungkinan besar ITC milik Quintieri sudah bisa didapatkan beberapa jam sebelum pertandingan.

"Kalau soal komposisi pemain, kami sudah tidak ada masalah. Jika Quintieri tidak bisa diturunkan, kami sudah siap pemain alternatif. Yang jelas, saya berharap para pemain tidak demam panggung di laga perdana," kata Edy kepada Bola.net.

PSIS memang tidak ingin malu di depan publiknya. Tapi, untuk urusan meraih poin penuh, PSIS tidak boleh meremehkan Persik. Kendati dalam persiapan menyongsong Divisi Utama musim ini Persik sempat pontang-panting dalam hal pendanaan.

Edy pun mengaku pihaknya waspada kepada seluruh pemain Persik. Salah satunya mantan pemain Semarang United, Komang Mariawan.

"Jika kami lengah, pengalaman Komang bisa menjadi motivasi kuat Persik. Karena itu, kami patut waspada," kata mantan asisten pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2004 tersebut.

Jika tim tuan rumah siap tampil maksimal, berbeda dengan Persik yang bermasalah dengan komposisi pemain. Persik hanya memiliki dua pemain asing. Sayangnya di luar Elvis Coric, pemain asing lainnya, memilih hengkang yakni Luis Vagner yang hijrah ke PSMS Medan. Tapi, Coric pun sebenarnya masih terkendala ITC.

Jika kondisi tersebut terjadi, secara otomatis tim berjuluk Macan Putih hanya bisa menurunkan 100 persen pemain lokal.

"Tapi Coric tetap kami bawa ke Semarang, harapannya, ITC Coric bisa terbit jelang pertandingan," kata asisten manajer Persik, Arya Wisnu Ardy.

Musim ini, Persik ditangani Joko Malis yang menggantikan posisi Jaya Hartono lantaran bergabung dengan Persija Jakarta versi Bambang Sucipto.

Perkiraan Pemain Kedua Tim:

PSIS (4-4-2)
Pelatih:Edy Paryono
Pemain: Komang; Parjono, Simon, Sumardi, Steven; Lohy, Donny, Khusnul, Ji Ho: Borges, Engkus

Persik (4-4-2)
Pelatih: Joko Malis Mustofa
Pemain:Syahbani; Febriansyah, Fatkhul, Edgar, Widi; Tamzil, Jefri, Rendy, Aziz; Mariawan, Trubus (esa/row)