FOLLOW US:


Divisi Utama (LI): PSIM Tahan Imbang Persis Solo

05-04-2012 11:08
Divisi Utama (LI): PSIM Tahan Imbang Persis Solo
Topas Pamungkas yang berusaha lepas dari hadangan Handri © Antara

Bola.net - Persis Solo tidak mampu memenuhi ambisinya merebut poin penuh setelah ditahan imbang tanpa gol oleh PSIM Yogyakarta pada lanjutan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Manahan Solo, Rabu petang.

Tuan rumah Persis yang tidak diperkuat striker Diego Mendieta terlihat kurang tajam ketika melakukan serangan, meski Andri Siswanto dan kawan-kawan mampu menguasai permainan sejak menit awal babak pertama.

Tim tuan rumah yang diasuh pelatih Didik Lestiyantoro terus mengambil inisiatif serangan ke pertahanan PSIM, tetapi bola sering digagalkan pemain barisan bertahan lawan.

Dua peluang Persis di babak pertama terjadi pada menit ke-12 dan ke-32 melalui kaki Zyhri dan Nicolas Djone. Pemain depan Zuhri yang tinggal berhadapan dengan kiper Agung Prasetyo, tetapi tendangan melambung di atas gawang PSIM.

Begitu juga tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Nicolas, tetapi bolanya mampu diblok kiper Agung Prasetyo yang bermain cemerlang.

Satu peluang PSIM terjadi pada menit ke-17 melalui strikernya Emile Linkers yang berhasil lolos dari penjagaan pemain belakang Persis, sayang bola berhasil blok kiper Tri Windu dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk tim tamu. Kedudukan imbang 0-0 tersebut hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua Persis kembali menekan pertahanan PSIM baik melalui pemain sayap kanan Handri maupun sayap kirinya Abduh Lestaluhu, tetapi serangan tuan rumah sering mampu dihalau barisan belakang lawan.

Bahkan, Persis pada menit ke-59 mendapat peluang emas setelah tembakan yang dilakukan oleh Handri mampu dihadang pemain belakang PSIM, sehingga hanya menghasilkan sepak pojok untuk tuan rumah.

Persis yang mampu menguasai permainan melalui tendangan keras dari luar kota penalti oleh Budiana Muchamad, tetapi kiper Agung Prasetyo kembali mampu menyelamatkan gawang dari gol.

Sebaliknya satu-satu peluang PSIM di babak kedua terjadi pada menit ke-57 melalui sundulan kepala striker Emile Linkers, tetapi bolanya lemah dan mampu ditangkat kiper Tri Windu. Kedudukan imbang tersebut bertahan babak kedua berakhir.

Pelatih PSIM Yogyakarta Hanafing mengatakan, timnya sangat bersyukur mampu merebut satu poin melawan tuan rumah Persis dengan skor 0-0.

Menurut dia, permainan cukup imbang kedua tim, dan Persis ada peningkatan bagus pada putaran kedua ini. Mereka dengan menurunkan banyak pemain muda yang memiliki kecepatan bermain. Jika Persis memiliki striker bagus akan lain hasilnya.

Sementara itu, pelatih Persis Solo Didik Lestiyantoro mengatakan, pemainnya sudah bermain maksimal mampu mengimbangi permainan PSIM yang memiliki materi pemain lebih bagus.

"Banyak peluang yang diciptakan, tetapi tidak bisa dimanfaatkan dua pemain depan dengan baik. Jika memang tidak memiliki striker yang handal sehingga banyak peluang yang terbuang," katanya.

Namun, pemain bertahan sudah mulai bagus setelah masuknya stoper baru Modestus Setiawan, sehingga setiap serangan PSIM berhasil digagalkan.

"Pemain belakang kami mampu menjaga ketat striker PSIM sehingga dia tidak berhasil menembus pertahanan," kata Didik. (ant/end)