FOLLOW US:


Dua Kali Cleansheet, Ini Rahasia Timnas U-19

04-07-2018 16:17
Dua Kali Cleansheet, Ini Rahasia Timnas U-19
Timnas Indonesia U-19 © Mutsopa El Abdy

Bola.net - Kemenangan timnas Indonesia U-19 di dua laga awal Piala AFF U-19 2018 tidak semata diraih karena kecemerlangan lini serang. Namun, kinerja lini belakang Garuda Nusantara juga patut diacungi jempol.

Buktinya, dalam dua pertandingan melawan Laos dan Singapura, gawang timnas Indonesia belum kemasukan sebiji gol pun. M. Riyandi yang ditunjuk sebagai penjaga gawang mampu mempertahankan cleansheet.

Menurut Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, keberhasilan mencetak cleansheet terjadi karena dirinya belajar dari pengalaman ketika tampil di Piala Asia U-20 Tahun 2014. Saat itu, Indonesia sering kebobolan karena bermain terlalu menyerang.

"Apa yang terjadi di Piala Asia waktu di Korea, kita asyik menyerang, kita kebobolan banyak gol dengan counter attack," ungkap Indra.

Akhirnya pada turnamen Piala AFF U-19 ini, Indra banyak melakukan pembenahan. Salah satunya mengubah skema ketika menyerang dengan tetap menyiagakan dua orang pemain berposisi sebagai bek tengah di belakang.

"Makanya dua kali pertandingan dan selama persiapan kita selalu minimal stay dua pemain di belakang ada atau tidak ada lawan," lanjut Indra.

"Jadi kita mengantisipasi keasyikan menyerang untuk lawan melakukan counter attack," pungkasnya.