FOLLOW US:


Dua Marque Player PSM Makassar Segera Diverifikasi

05-04-2017 15:46
Dua Marque Player PSM Makassar Segera Diverifikasi
Steven Paulle © O24Jam

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan segera memverifikasi dua pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim dan Steven Paulle. Hal itu tak terlepas dari keputusan manajemen PSM untuk menjadikan keduanya sebagai Marquee Player di Liga 1 musim 2017.

Pengangkatan status itu tak lepas dari keinginan manajemen PSM yang ingin menambah pemain asing untuk musim ini. Manajemen Juku Eza menilai, Pluim dan Paulle sebagai Marquee Player berdasarkan riwayat karir sang pemain.

Pluim sebelumnya pernah memperkuat Vitesse Arnhem pada musim 2008 hingga 2011, Roda JC Kerkrade (2011-2015), dan Willem II Tilburg (2015). Pluim bermain di ketiga klub itu saat berkompetisi di Eredivisie Belanda, kasta tertinggi di liga Negeri Kincir Angin.

Sedangkan Paulle tercatat bermain untuk Dijon FCO sejak 2010 hingga 2017 sebelum akhirnya bergabung dengan PSM. Dijon mencatatkan sejarah untuk kali pertama tampil di Ligue 1 Prancis pada musim 2011/12. Namun perjalanan mereka hanya bertahan satu musim, dan kembali berkompetisi di Ligue 2.

Namun untuk menentukan pemain tersebut Marquee Player atau bukan, PT LIB selaku operator kompetisi akan melakukan pengecekan keabsahan dua pemain tersebut. Jika sesuai dengan regulasi, maka Pluim dan Paulle berstatus Marquee Player.

"Nanti pemain yang dari PSM Makassar itu akan kita verifikasi. Sebenarnya regulasinya sudah jelas. Syaratnya Marquee Player adalah dia pernah bermain atau terdaftar sebagai salah satu pemain di Piala Dunia edisi 2006, 2010, 2016. Atau dia terdaftar atau bermain di delapan kompetisi di Eropa," ujar CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya kepada Bola.net, Rabu (5/4/2017)

"Selama itu mengacu ke situ pasti akan kita sahkan. Kalau tidak mengacu kesitu ya tidak bisa. Aturannya kan adalah 2+1+1, kita harus ikuti aturan itu," tandas pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat ini.