FOLLOW US:


Final Piala Menpora 2021: Membedah Peran Vital Pemain Naturalisasi Persib dan Persija

21-04-2021 09:11

 | Gia Yuda Pradana

Final Piala Menpora 2021: Membedah Peran Vital Pemain Naturalisasi Persib dan Persija
Persib Bandung lolos ke final Piala Menpora 2021 © Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Bola.net - Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 mencapai puncaknya. Pertandingan final menghadirkan pertemuan antara Persija Jakarta versus Persib Bandung.

Laga final akan berlangsung dua kali. Leg pertama pada 22 April di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, sementara pertemuan keduanya di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4).

Kedua finalis Piala Menpora sama-sama diperkuat pemain naturalisasi. Keberadaan mereka memberi nilai plus, karena kemampuannya di atas rata-rata pemain lokal.

Di kubu Persija, ada dua pemain naturalisasi yaitu Otavio Dutra dan Marc Anthony Klok. Keduanya punya peran besar dalam permainan Macan Kemayoran.

Dutra beroperasi di pos bek tengah, sementara Klok menempati posisi gelandang. Kehadiran mereka selalu membuat permainan Persija menjadi lebih stabil.

Dari kubu Persib, jumlahnya lebih banyak. Tercatat, Maung Bandung punya tiga pemain naturalisasi yaitu Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, dan Ezra Walian.

Posisi mereka pun komplet dari belakang hingga depan. Victor adalah bek tengah, Esteban gelandang, dan Ezra penyerang.

Lantas, bagaimana peran vital mereka buat klub yang dibela? Mari kita bedah satu per satu.

1 dari 5

Otavio Dutra

Otavio Dutra
Otavio Dutra © Persija Media

Dutra akan berusia 38 tahun pada 22 November 2021. Namun meski sudah kepala tiga, ketangguhannya dalam mengawal lini belakang Persija masih prima. Ia merupakan menara di garis pertahanan tim Ibu Kota.

Ditunjang postur tubuh yang tinggi dan pengalaman bermain, Dutra sulit dilewati penyerang lawan. Pemain naturalisasi asal Brazil ini pun andal dalam menghalau bola atas.

Dutra masih bisa bersaing dengan penyerang lawan, baik dalam sistem pertahanan man to man maupun zona marking. Berdasarkan statistik ligaindonesiabaru.com, ia bermain dalam lima pertandingan Persija selama Piala Menpora.

2 dari 5

Marc Klok

Marc Klok
Pemain Persija Jakarta, Marck Klok (tengah) merayakan gol ke gawang Bhayangkara Solo FC pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021). © Bola.net/M Iqbal Ichsan

Ditilik dari nomor punggungnya di Persija, sudah bisa diketahui seperti apa perannya dalam permainan tim. Klok dipercaya memakai nomor punggung 10, nomor yang biasa diberikan kepada pemain dengan peran sentral.

Di Piala Menpora, Klok tercatat bermain dalam enam partai Macan Kemayoran. Pemain naturalisasi asal Belanda ini juga sudah membukukan satu gol dan dua assist.

Klok merupakan jenderal lapangan tengah Persija. Mantan pemain PSM Makassar ini adalah kreator serangan.

Umpan terobosan maupun direct ball Klok begitu memanjakan para penyerang Persija. Pemain berusia 28 tahun ini juga memiliki tembakan yang akurat.

3 dari 5

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo
Victor Igbonefo © Liputan6.com/Huyogo Simbolon

Victor merupakan tembok kokoh di barisan pertahanan Persib. Kekuatan badannya sering membuat penyerang lawan mati kutu.

Pemain naturalisasi asal Nigeria ini dikenal punya permainan tanpa kompromi. Penjagaannya terhadap pemain lawan begitu ketat. Ia adalah pasangan Nick Kuipers sebagai duet bek tengah.

Victor juga punya sundulan di atas rata-rata, terutama saat menyambut bola mati. Di Piala Menpora, bek berusia 36 tahun ini sudah menjaringkan satu gol ke gawang PSS Sleman pada leg kedua babak semifinal yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persib.

4 dari 5

Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra
Esteban Vizcarra © Bola.com/Erwin Snaz

Pemain naturalisasi asal Argentina ini terbilang multifungsi. Ia bisa bermain sebagai penyerang sayap atau gelandang serang.

Selama Piala Menpora, pemilik nomor punggung 10 di Persib ini sudah bermain dalam lima pertandingan. Ia juga sudah membukukan satu gol dan satu assist.

Esteban, bisa diandalkan Persib untuk mengacak-acak pertahanan Persija di final nanti. Tusukannya dari lini sayap dan tengah sering membuka peluang untuk terciptanya gol.

5 dari 5

Ezra Walian

Ezra Walian
Selebrasi Ezra Walian usai cetak gol untuk Persib © Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Jebolan Jong Ajax ini menjadi bintang baru di Persib. Kegemilangannya diperlihatkan dari raihan tiga gol buat Persib hingga semifinal leg kedua melawan PSS.

Ezra bisa berfungsi sebagai penyerang sayap, atau striker murni. Maka dari itu, peran pemain berdarah campuran Indonesia-Belanda ini terbilang vital.

Ezra menjadi alternatif pencetak gol bila striker Persib mengalami kebuntuan. Ia punya kemampuan lengkap, baik tembakan maupun sundulan. Pergerakan tanpa bolanya juga kerap mengacaukan sistem pertahanan lawan.

(Bola.net/Fitri Apriani)