FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Kalteng Putra vs PSM Makassar: Skor 3-1

10-11-2019 19:28

 | Dimas Ardi Prasetya

Hasil Pertandingan Kalteng Putra vs PSM Makassar: Skor 3-1
Kalteng Putra vs PSM Makassar © Bola.net

Bola.net - Kalteng Putra FC berhasil menundukkan PSM Makassar 3-1 di laga tunda pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Minggu (10/11/2019).

Pertandingan yang disiarkan langsung di Indosiar ini berjalan dengan tempo sedang. Namun duel berlangsung dengan ketat.

Gol-gol dari Kalteng Putra dicetak oleh Elthon Maran, Eydison, dan Takuya Matsunaga. Sementara gol semata wayang PSM Makassar dihasilkan oleh Arip Kurniawan.

Babak Pertama

Kalteng Putra langsung mencoba mengambil inisiatif untuk menyerang begitu laga dimulai. PSM awalnya tampak cukup siap menangkal serangan-serangan tuan rumah.

Namun pada akhirnya mereka malah sering keteteran oleh serangan-serangan yang dilancarkan oleh tuan rumah. Alhasil PSM kebobolan pada menit kelima melalui Elthon. Ia menyambar bola tendangan bebas I Geda Sukadana dengan sontekan kaki kanannya. Bola melambung ke tiang jauh dan masuk gawang tanpa bisa dihalau Rivky. 1-0.

PSM berusaha untuk bangkit. Namun serangan mereka belum efektif. Justru mereka malah kebobolan pada menit ke-23.

Kalteng Putra melancarkan serangan balik. Eydison dimanjakan umpan terobosan Matsunaga dan tinggal berhadapan dengan Rivky. Dengan mudah ia bisa melewati kiper PSM itu dan menceploskan bola ke gawang yang sudah tidak bertuan. 2-0.

PSM melakukan pergantian pemain dan strategi setelah tertinggal dua gol. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39. Arip Kurniawan, yang masuk menggantikan Zulham Zamrun, berhasil menjebol gawang tuan rumah dengan tendangan guntingnya dari dalam kotak penalti, setelah mengelabui satu pemain lawan. 2-1.

Gol ini jadi gol terakhir yang tercipta para paruh pertama. Kalteng Putra FC unggul 2-1 atas PSM Makassar.

1 dari 2

Babak Kedua

Pada babak kedua, PSM Makassar mulai bisa keluar dari tekanan Kalteng Putra. Pada menit ke-52, PSM bisa membangun serangan. Namun, umpan yang tidak akurat dari Aji Kurniawan, membuat peluang terbuang.

Pada menit ke-54, Elthon Maran melepaskan tendangan akurat ke gawang PSM melalui sisi kanan. Tetapi, bola hasil tendangannya hanya membentur mistar gawang PSM.

Tim Juku Eja melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Kalteng Putra. Namun, usaha Aji Kurniawan, Rasyid Bakri dan Marc Klok tak membuahkan hasil.

Rizky Pellu mendapat peluang untuk mencetak gol pada menit ke-67. Ia menerima umpan dari tendangan bebas Rasyid Bakri dengan tumit, namun bola melambung di atas gawang Kalteng Putra.

Kalteng Putra menambah keunggulan pada menit ke-81 melalui tendangan spektakular jarak jauh Takuya Matsunaga. Gelandang asal Jepang itu memanfaatkan kelengahan kiper PSM, Rivky Mokodompit, yang gagal melakukan penyelamatan.

Yohanes Pahabol hampir membuat gol untuk Kalteng Putra melalui aksi individu pada menit ke-87. Namun, tendangannya dapat diantisipasi oleh kiper PSM.

Laga berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Kalteng Putra atas PSM Makassar.

Hasil pertandingan tersebut membuat Kalteng Putra beranjak dari dasar klasemen Shopee Liga 1 2019, melewati Semen Padang dan Persela Lamongan.

2 dari 2

Susunan Pemain

Kalteng Putra: 53-Reky Rahayu; 26-Kevin Gomes, 33-Rafael Bonfim, 3-Wasyiat Hasbullah, 21-Abanda Rahman; 44-I Gede Sukadana (14-Michael Rumere 79'), 34-Takuya Matsunaga, 77-Pandi Lestaluhu (28-Yan Nasadit 50'); 99-Elthon Maran (24-Fajar Handika 60'), 89-Eydison, 11-Yohanes Pahabol

Pelatih: Weasley Gomes de Olivera

PSM Makassar: 20-Rivky Mokodompit; 2-Aaron Evans, 32-Beny Wahyudi (6-Ferdinand Sinaga 71'), 15-Hasyim Kipuw, 26-Taufik Hidayat; 10-Marc Klok, 24-Rizky Eka Pratama, 50-Raphael Maitimo (17-Rasyid Bakri 53'), 19-Rizky Pellu; 7-Zulham Zamrun (71-Aji Kurniawan 25’), 90-Amido Balde

Pelatih: Darije Kalezic

Disadur dari: Bola.com/Penulis Aditya Wicaksono/Editor Wiwig Prayugi
Published: 10 November 2019