Hasil Piala Presiden 2022: Imbang 1-1 dengan Barito Putera, Madura United di Posisi Rawan

Gia Yuda Pradana | 25 Juni 2022 18:40
Piala Presiden 2022: Barito Putera vs Madura United. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Barito Putera dan Madura United bermain imbang dalam lanjutan Grup B Piala Presiden 2022, Sabtu (25/6/2022). Laga di Stadion Segiri, Samarinda ini berkesudahan 1-1.

Madura United sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Selwan Al Jaberi di menit 38. Namun Barito Putera bisa membalas lewat eksekusi penalti Rafael Silva di menit 44.

Barito Putera kini memimpin klasemen sementara dengan perolehan 6 poin dari 4 laga. Mereka unggul atas RANS Nusantara FC (5 poin dari 3 laga), Borneo FC (4 poin dari 2 laga), Madura United (2 poin dari 3 laga), dan Persija Jakarta (0 poin dari 2 laga).

Barito Putera punya peluang bagus untuk lolos ke perempat final. Sementara itu, dengan hanya menyisakan satu laga kontra Persija, peluang Madura United untuk bisa lolos terbilang sangat tipis.

1 dari 2 halaman

Jalannya Pertandingan

Piala Presiden 2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Kedua tim mengawali pertandingan dengan main sabar. Baru pada menit ke-12 peluang pertama lahir dari Barito Putera. Adalah Ferdiansyah yang mencoba melepaskan tembakan, tapi bisa dibendung oleh kiper Miswar Saputra.

Madura United baru sempat membalas ancaman pada menit ke-21 lewat kerja sama rapi. Bermula dari umpan silang yang dikirim Malik Risaldi dari sisi kanan, Selwan Al Jaberi menanduk bola yang masih melambung.

Memasuki menit ke-24 laga Grup B Piala Presiden 2022 ini, Madura United membukukan tembakan ke gawang pertama. Reva Adi Utama secara mengejutkan melepas tendangan sudut yang langsung mengarah ke gawang Barito Putera. Joko Ribowo masih sigap membloknya.

Selwan Al Jaberi akhirnya membuat laga berubah dengan menyumbang gol untuk Madura United. Penyerang asal Irak ini memanfaatkan umpan lambung di dalam kotak penalti dan menyelesaikannya menjadi gol pada menit ke-38.

Keunggulan Madura United tidak bertahan lama. Barito Putera mendapatkan tendangan penalti karena Ambrizal Umanailo dijatuhkan Ricki Ariansyah. Rafael Silva yang jadi algojo sukses memperdaya Miswar pada menit ke-44.

Tak ada peluang maupun gol lagi yang tercipta sampai berakhirnya babak pertama laga Grup B Piala Presiden 2022 itu. Kedudukan sama kuat 1-1 menghiasi turun minum.

Madura United tidak menunggu lama untuk melancarkan serangan sejak babak kedua dimulai. Pada menit ke-47, Rifaldi Bawuo mendapat peluang emas setelah menerima bola dari Cleberson Martins. Sayang, bola tembakannya dihentikan Joko Ribowo.

Memasuki menit ke-55, giliran Cleberson Martins yang memberi ancaman kepada Barito Putera. Dia mampu memanfaatkan bola dari Luiz Marcelo Lulinha. Namun, bola yang dilepaskan Cleberson tidak menemui sasaran.

Laskar Sape Kerap benar-benar jadi tim yang agresif. Rifaldi Bawuo kembali merepotkan pertahanan lawan pada menit ke-70. Lagi-lagi sepakannya tepat sasaran, tapi lagi-lagi Joko Ribowo bisa mengamankannya.

Barito Putera baru membukukan peluang pertama babak kedua di menit ke-75. Ini berkat Buyung Lessy yang mengirim bola kepada Bayu Pradana. Sayang, sepakan Bayu masih belum mengenai sasaran.

Peluang emas kembali didapatkan Madura United di menit ke-89. Bermula dari umpan Lulinha, gelandang Slamet Nurcahyo melepaskan tembakan keras. Namun, kiper Joko Ribowo kembali mampu menepis tembakan lawan.

Wasit Musthofa Umarella meniup peluit panjang dengan skor akhir 1-1. Barito Putera sudah melakoni empat laga dan mengoleksi enam poin. Mereka membuka peluang lolos ke perempat final, masih bergantung pada RANS Nusantara dan Borneo FC.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

BRI Liga 1: Pelatih Madura United, Fabio Lefundes (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Barito Putera (4-3-3): Joko Ribowo (kiper); Bagas Kaffa, Donni Monim, Renan Alves, Rendy Saputra (belakang); Rafi Syaharil, Bayu Pradana, Ferdiansyah (tengah); Ambrizal Umanailo, Rafael Silva, Rizky Pora (depan).

Pelatih: Dejan Antonic.

Madura United (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Birrul Walidain, Cleberson Martins, Kadek Raditya, Reva Adi (belakang); Ricki Ariansyah, Luiz Marcelo Lulinha, Hugo Gomes Jaja (tengah); Rifaldi Bawuo, Selwan Al Jaberi, Malik Risaldi (depan).

Pelatih: Fabio Lefundes.

Disadur dari: Bola.com/Aditya Wany/Benediktus Gerendo Pradigdo, 25 Juni 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR