FOLLOW US:


Ihwal Wacana Pergantian Kepengurusan PT LIB, Ini Kata Persipura Jayapura

17-05-2020 14:19

 | Gia Yuda Pradana

Ihwal Wacana Pergantian Kepengurusan PT LIB, Ini Kata Persipura Jayapura
PT Liga Indonesia Baru © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Persipura Jayapura angkat bicara soal adanya kabar bakal terjadi pergantian kepengurusan di PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dihelat. Mutiara Hitam, julukan Persipura Jayapura, menilai bahwa kepengurusan PT LIB yang ada saat ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

"Kami dengar isu ada upaya untuk menggantikan beberapa komisaris dan pimpinan LIB, entah info itu benar atau tidak, kami belum tahu," kata Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano, dalam rilis yang didapat Bola.net, Minggu (17/5/2020).

"Kalau tidak benar, ya kami bersyukur, karena menurut kami sejauh ini sudah berjalan baik. Namun, kalau info itu benar, pasti akan sulit mencari orang - orang yang profesional dan kapabel untuk menjalankan roda kompetisi, apalagi menangani finansial LIB. Perlu transparansi," sambungnya.

BTM, sapaan karib Benhur Tomi Mano, mengaku sependapat dengan Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, soal kandidat pengurus anyar PT LIB, jika nantinya memang ada perombakan. Menurutnya, pengurus anyar PT LIB seyogianya tak berasal dari PSSI maupun terafiliasi dengan klub.

"Ini agar terhindar dari konflik kepentingan dan tidak rangkap jabatan. Hal tersebut kecuali posisi komisaris, yang harus ditempati orang profesional, punya pengalaman menangani even sepakbola skala nasional, dan bila memungkinkan,yang pernah bekerja pada bidang yang sama," tutur Wali Kota Jayapura tersebut.

"Itupun, perlu kita minta komitmennya untuk transparan dalam hal keuangan," ia menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1

Ini Kandidat Persipura

Sementara itu, kendati tak mendorong adanya pergantian kepengurusan PT LIB, Persipura memiliki sejumlah kandidat jika hal tersebut akhirnya terjadi. Mereka mencalonkan sejumlah nama, yang sudah tak asing lagi di kancah sepak bola Indonesia.

"Kalau ditanya siapa yang pantas, menurut kami, ada nama, Maruarar Sirait, Tigor Shaloom Boboy, dan Tommy Weli. Itu menurut Persipura," ungkap BTM.

"Silakan diuji orang-orang ini. Menurut kami, mereka adalah sosok profesional, transparan, pernah bekerja di skala nasional, dan punya integritas. Ini usulan kami. Kami tidak tahu apakah ketiga orang ini bersedia atau tidak. Namun, menurut kami, saat ini, mereka yang paling layak mengurus kompetisi kita," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)