FOLLOW US:


Ini Kriteria Ketua Umum PSSI yang Ideal Menurut Pelatih Persebaya

07-10-2019 21:47

 | Serafin Unus Pasi

Ini Kriteria Ketua Umum PSSI yang Ideal Menurut Pelatih Persebaya
PSSI © Fitri Apriani

Bola.net - Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal mengungkap kriteria ketua umum yang dinilai layak memimpin PSSI. Menurutnya, untuk mengurus federasi sepak bola Indonesia dibutuhkan sosok yang kompeten.

Menurut pria yang pernah menjadi asisten pelatih timnas Indonesia itu, ketua umum PSSI yang baru nantinya harus bisa me-manage organisasi dengan baik. Termasuk dalam menggaet banyak sponsor.

"Saya sebetulnya tidak ikut campur dengan ini. Tapi Saya harap ketua umum baru ini punya kemampuan, bukan hanya di sepak bola untuk tahu teknis taktik bola, tidak usah tahu," kata Wolfgang Pikal, Senin (7/10).

"Tapi harus tahu memimpin organisasi, bagaimana dia bisa ciptakan uang, mencari sponsornya, punya channel baik, bisa kerja sama pemerintah," tegas Pikal.

Sebelumnya, Komite Pemilihan PSSI sudah merilis sejumlah nama bakal calon ketua umum untuk periode 2019-2023. Setidaknya ada 11 nama yang sudah disampaikan ke publik.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Banyak Kekurangan

Pikal tak menampik, saat ini sepak bola Indonesia masih banyak kekurangan. Mulai dari pembinaan hingga ketersediaan infrastuktur.

"Utama pembinaan sama coach education, itu langkah pertama dan kedua, coach education, pelatih Indonesia harus lebih terkualifikasi lebih pintar," imbuh Pikal.

"Dan anak-anak perlu pembinaan lebih bagus, dari kompetisi, latihan, infrastraktur juga," tandasnya.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)