FOLLOW US:


ISL Review: Persita Perpanjang Puasa Kemenangan Persegres

30-05-2013 17:56
ISL Review: Persita Perpanjang Puasa Kemenangan Persegres
Persegres. © Fajar Rahman
Bola.netBola.net - Puasa kemenangan Gresik United (Persegres) pada tiga laga kini harus lebih panjang lagi. Menjamu Persita Tangerang dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2013, Laskar Joko Samudro harus menyerah 0-2 di Stadion Petrokimia, Gresik (30/5).

Absennya Ngon Mamoun, Siswanto dan Matsunaga Shoehoei terlihat jelas mengurangi kreasi serangan dari Persegres. Upaya-upaya mereka untuk melancarkan serangan dari crossing-crossing yang dikirimkan Diogo Santos atau pun Erol Iba tak juga membuahkan hasil.

Tim berjuluk Laskar Joko Samudro mendapatkan dua kali kesempatan untuk unggul terlebih dahulu melalui free kick. Namun eksekusi Diogo Santos pada menit ke-21 dan Ahmad sembiring lima menit kemudian, masih terlalu mudah bagi kiper Persita, Mukti Ali Raja.

Keasyikan menyerng tak diimbangi kewaspadaan lini pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-34, Persita mampu mencuri gol melalui sontekan Ade Jantra. Menerima sodoran Maman, Ade mampu mengecoh Erol Iba di dalam kotak sebelum menaklukkan Hery Prastiya.

Bukan hanya kalah 0-1 di babak pertama ini. Dari segi efektifitas, Persegres juga kalah dari Persita. Tuan rumah hanya mendapatkan tiga peluang dan semuanya mengarah ke gawang. Sementara tim tam menorehkan 8 peluang, dua mengarah ke gawang, dan satu menjadi gol keunggulan mereka atas Persegres.

Demi memburu ketertinggalan, pada awal babak kedua, pelatih Widodo Cahyono Putro memasukkan Mulham Arifin untuk menggantikan debutannya, Sutan Samma. Persegres pun kembali menekan di babak kedua.

Pada menit ke-58, tim Jaka Samudra kembali mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Berawal dari hands ball Kim Dong Chan semeter di depan kotak penalti, Diogo Santos kembali menjadi eksekutor free kick tersebut. Namun, tendangannya hanya mampu menghajar mistar Persita.

Unggul satu gol tak membuat pelatih Giman Nurjaman mengendurkan serangannya. Dua strikernya, Sirfi Arvani dan Fabrizio Bastos ditarik keluar untuk digantikan Cristian Carasco dan Kurniawan pada pertengahan babak kedua.

Sementara di kubu Persegres, Widodo memasukkan Rizky Novriansyah untuk menggantikan Agus Indra Kurniawan. Selanjutnya, pada menit ke-77, Persegres harus kehilangan Aldo Barreto karena cedera. Wismoyo Widhiasto yang masuk menggantikannya menjadi orang terakhir yang dimasukkan Widodo di laga ini.

Pergantian Giman akhirnya berbuah hasil. Sundulan Cristian Carasco memanfaatkan crossing terukur Kim Dong Chan pada menit ke-89 akhirnya mengunci kemenangan Pendekar Cisadane 2-0 atas tuan rumah.

Kemenangan ini membuat Persita naik satu peringkat ke posisi 16 klasemen sementara ISL 2013 dan menggeser Persidafon Dafonsoro. Sementara Gresik United yang harus kehilangan momentum mereka untuk melesat ke papan tengah, tertahan di peringkat ke-12.