FOLLOW US:


Izin Keberadaan BOPI Dipertanyakan

19-02-2015 21:05
Izin Keberadaan BOPI Dipertanyakan
Badan Olahraga Profesional Indonesia © ist
Bola.netBola.net - Pengamat olahraga sekaligus komentator tinju dunia, Mahfudin Nigara, mempertanyakan izin didirikannya Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Menurutnya, BOPI juga sudah salah langkah dengan memasuki wilayah sepak bola. BOPI memberikan masukan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) supaya tidak mengeluarkan rekomendasi bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2015.

"Apakah BOPI masih memiliki izin? Setahu saya, izin BOPI sudah habis Oktober-November kemarin (2014) dan belum diperpanjang Kemenpora. Hal tersebut, saya ketahui dari mantan mengurus BOPI, Haryo Yuniarto (Ketua Harian hingga Ketua Umum BOPI)," kata Nigara.

"Artinya, BOPI juga tidak profesional dan hanya menggunakan asa kekuasaan karena berada di bawah naungan Kemenpora," tutupnya.

Sebelumnya, BOPI memberikan saran kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) supaya tidak mengeluarkan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2015. Kompetisi yang digulirkan PT Liga Indonesia (PT LI) tersebut, baru bisa diputar mulai 4 Maret dengan adanya catatan khusus.

Yakni, jika PT LI dan klub peserta ISL mampu memenuhi seluruh persyaratan yang diminta BOPI, tujuh hari sebelumnya. Apabila baru dipenuhi pada 4 Maret, maka kompetisi ISL baru bisa diselenggarakan 11 Maret.