Jaya Hartono: Pemain Naturalisasi Layak Ikuti Seleksi Timnas

05-08-2010 19:15
Jaya Hartono (c)Goal
Jaya Hartono (c)Goal

Bola.net - Mantan pelatih Persib Bandung Jaya Hartono menilai pemain asing keturunan Indonesia yang kini sedang mengikuti laga amal di Malang dan Surabaya, cukup layak untuk mengikuti seleksi pembentukan tim nasional.

Ditemui usai konferensi pers jelang laga amal tim Garuda Merah melawan Garuda Putih di Surabaya, Kamis, Jaya Hartono mengakui kualitas individu dan permainan para pemain itu sangat bagus, kendati usianya masih sangat muda.

"Kalau untuk masuk timnas, saya pikir masih perlu waktu. Tapi, setidaknya mereka cukup layak ikut seleksi timnas dan bersaing dengan pemain-pemain bintang Indonesia. Tapi, itu semua menjadi wewenang pelatih timnas," ujarnya.

Pada laga amal pertama di Malang, Rabu (4/8), terdapat tiga pemain keturunan Indonesia yang tampil, yakni Irfan Bachdim (FC Utrecht en HFC Haarlem Belanda), Alessandro Trabucco (Rimini Italia) dan Kim Jeffrey Kurniawan (FC Heidelsheim Jerman).

Ketiganya akan kembali tampil pada laga amal di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada Sabtu (7/8) atau sehari setelah peresmian stadion bernilai ratusan miliar rupiah itu.

Jaya Hartono sendiri dipercaya menangani tim Garuda Putih yang pada laga amal pertama di Stadion Gajayana Malang dan saat itu anak asuhnya menyerah 1-4 dari tim Garuda Merah.

Tiga dari empat gol tim Garuda Merah dicetak pemain blasteran tersebut, masing-masing dua gol dari Irfan Bachdim dan sebiji gol lainnya melalui Kim Jeffrey Kurniawan.

"Saya yakin mereka belum mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya, karena level permainan tim tidak sebagus saat mereka main di negaranya. Mudah-mudahan mereka bisa tampil lebih bagus lagi saat laga amal di Surabaya nanti," ujar Jaya Hartono.

Pada kesempatan itu, Irfan Bachdim mengaku senang bisa merasakan atmosfer permainan sepak bola di Indonesia, kendati hanya di sebuah laga amal.

"Kalau memang ada kesempatan bisa bermain di kompetisi Liga Super Indonesia, kenapa tidak. Saya lihat pemain-pemain Indonesia cukup bagus dan tidak terlalu jauh beda dengan pemain muda di Belanda," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kim Jeffrey Kurniawan. Pemain berdarah Indonesia-Jerman ini merasa sangat terhormat dan bangga, apabila dipercaya memperkuat timnas Indonesia.

"Tentunya semua sangat tergantung kebijakan otoritas sepak bola di Indonesia (PSSI, red). Kalau memang diberi kesempatan, saya siap bermain untuk Indonesia," ujar pemain berusia 20 tahun itu. (ant/row)

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.


Komentar Pembaca (3 komentar)
robie, jakarta
14:10 14 Agustus 2010
irfan dan jefrry go to merah putih aq yakin kmu pasti bisa membawa merah putih jaya lagi
cungkring, pamulanh
06:39 07 Agustus 2010
ok'lah irfan dan kim masuk timnas, namun jngn smpek ikut atmosfer inonesia super liga,permainannya akn terpengarung dngn permainan ala indonesia,bermainlah di club negara luar.........
salam 1 jiwa garuda indonesia
purwoko burhanudin, jakarta
09:19 06 Agustus 2010
irfan dan jefrry terlihat lebih cerdas dan lebih punya visi dibanding pemain pemain nasional indonesia saat ini ...tapi mereka butuh ujian lebih banyak lagi .... bravo irfan dan jefry .... maju terus ....



Lihat Berita Bola Indonesia

- - -