FOLLOW US:


Jebolan Liga Portugal, Emmanuel Oti, Merapat ke Madura United

02-01-2020 22:52

 | Dimas Ardi Prasetya

Jebolan Liga Portugal, Emmanuel Oti, Merapat ke Madura United
Emmanuel Oti Essigba bersama Asisten Pelatih Madura United, Rasiman. © Media Officer Madura United

Bola.net - Tabir pemain asing Madura United perlahan kembali terbuka. Kali ini, Laskar Sapeh Kerrab -julukan Madura United- meminang pemain asal Ghana, Emmanuel Oti Essigba.

Oti sendiri sudah tiba di Indonesia. Ia bahkan sudah bertemu dengan Direktur Madura United, Haruna Soemitro, dan Asisten Pelatih Madura United, Rasiman.

Oti diplot untuk mengisi satu slot pemain asing yang dimiliki Madura United. Pemain berusia 23 tahun ini berposisi sebagai pemain depan.

Namun, posisi Oti sendiri berbeda dengan yang disebut sebelumnya, sebagai penyerang. Pemain ini justru lebih cenderung beroperasi di sektor sayap.

"Oti adalah pemain sayap. Kebutuhan tim, sebagaimana diskusi dengan Coach RD (Pelatih Kepala Madura United, Rahmad Darmawan, red), adalah di posisi tersebut," kata Rasiman.

"Untuk posisi nomor sembilan, kami masih punya Beto Goncalves dan Greg Nwokolo," sambungnya.

Madura United sendiri sebelumnya telah meminang dua pemain asing untuk melengkapi skuad mereka pada musim 2020. Dua pemain tersebut adalah Brian Ferreira dan Zah Rahan Krangar.

Selain tiga pemain ini, Madura United masih berencana untuk meminang satu lagi pemain. Rencananya, mereka akan mendatangkan seorang stopper asal Brasil.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1

Rekam Jejak Oti

Oti sendiri belum pernah berkarir di Indonesia. Namun, berdasar sejumlah situs pencatat statistik, catatan karir Oti cukup panjang. Pada 2014, ia mengawali karir di WAFA SC. Kemudian, talentanya menarik pemandu bakat dari Eropa, yang membawanya ke tim U-19 Braga, salah satu tim dari Portugal.

Semusim di Braga U-19, Oti naik kelas ke tim Braga B. Ia menghabiskan musim 2015/2016 di tim reserve Braga tersebut.

Pada musim 2016/2017, Oti pindah ke Denmark. Di sana, ia memperkuat Esbjerg FB, salah satu tim liga kasta tertinggi Denmark dengan status pinjaman. Kemudian, setelah masa peminjamannya usai, ia direkrut permanen oleh klub tersebut.

Berdasar data di laman Transfermarkt, Oti sendiri akhirnya dilepas klub tersebut pada 3 September 2019. Baru, pada awal Januari ini, ia dipinang Madura United.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)