FOLLOW US:


Jusuf Kalla Dipastikan Buka Liga JK 2012

13-07-2012 10:17
Jusuf Kalla Dipastikan Buka Liga JK 2012
Djohar Arifin ketika peresmian Liga JK © Landa

Bola.net - Mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla dipastikan akan membuka Liga Jusuf Kalla 2012, Senin (16/7) mendatang.

Namun, lokasi pembukaan yang semula dijadwalkan di Kabupaten Bone dipindahkan ke Makassar lantaran Jusuf Kalla tidak memiliki waktu untuk ke Bone yang juga kampung halamannya.

Pembukaan bakal digelar di Lapangan Karebosi, Makassar. Usai pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan perdana antara tim Makassar melawan Takalar.

Selain pertandingan antara Makassar vs Takalar, di waktu yang bersamaan juga digelar lima pertandingan lainnya di kabupaten berbeda. Yaitu Parepare vs Pangkep, Sidrap vs Tana Toraja, Bulukumba vs Selayar, Sinjai vs Soppeng, dan Luwu vs Palopo.

Pertandingan kedua akan digelar Kamis (19/7). Laga tersebut akan digelar serentak di enam kabupaten/kota, yaitu Gowa vs Maros, Barru vs Pinrang, Tana Toraja vs Toraja Utara, Jeneponto vs Bantaeng, Soppeng vs Wajo, dan Palopo vs Luwu Timur.

Setelah menyelesaikan 12 laga, Liga JK yang diikuti pemain usia U-21 itu akan diliburkan selama bulan Ramadan. Pertandingan akan dilanjutkan setelah Lebaran, tepatnya 30 Agustus mendatang.

Meski pertandingan libur karena Bulan Ramadhan, tapi panitia tidak vakum. Ketua Panpel Liga JK, Japri Y Timbo, mengatakan pihaknya akan mengisinya dengan kegiatan workshop untuk panpel lokal seperti bidang teknik, kesehatan, media, dan umum.

"Sangat penting untuk memberi pemahaman regulasi kepada panpel lokal agar mereka dapat menyelenggarakan pertandingan di daerah masing-masing sesuai regulasi. Sehingga, meski liga ini berstatus amatir namun pengelolaannya tetap profesional mengikuti regulasi PSSI," kata Japri.

Dari babak penyisihan, akan dipilih juara dan runner up masing-masing pool untuk ke babak 12 besar. Di babak 12 besar, tim dibagi dalam empat pool dimana masing-masing pool diisi tiga tim.

Juara masing-masing pool berhak ke babak semifinal yang akan digelar 18-25 November. Babak final Liga JK dijadwalkan berlangsung 1 Desember mendatang.

"Dari babak penyisihan hingga semi final Liga JK 2012 ini, menggunakan sistim home-away (kandang dan tandang)," tambah Japri.

Turnamen Liga JK yang didukung penuh oleh NV Hadji Kalla ini, memperebutkan hadiah total sebesar Rp 200 juta. Juara 1 mendapat Rp 60 juta, juara II Rp 40 juta, juara III dan IV masing-masing mendapat Rp 25 juta. Panpel juga menyiapkan hadiah uang sebesar Rp 50 juta untuk pemain terbaik, top skor, wasit terbaik, dan tim paling fair play. (nda/end)