FOLLOW US:


Kasus Tekel Brutal Elisa Basna, PSSI Mengimbau Klub Mengedukasi Pemain

31-05-2019 23:12
Kasus Tekel Brutal Elisa Basna, PSSI Mengimbau Klub Mengedukasi Pemain
Ratu Tisha © Fitri Apriani

Bola.net - Gelandang Persebaya Surabaya, Elisa Basna melakukan aksi brutal terhadap bek PSIS Semarang, Fredyan Wahyu pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (30/5). Dari tayangan ulang, dia terlihat dengan sengaja menjulurkan kakinya ke arah perut Wahyu.

Aksi brutal Basna tersebut menjadi sorotan banyak pihak. Tak terkecuali Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.

“Tak bisa dipungkiri bahwa tensi Liga 1 2019 memang tinggi. Kami selalu bersosialisasi kepada tiga pihak. Kami meminta tolong sama-sama, pemain, manajemen, juga turut mengedukasi hal ini,” ujar Tisha di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (31/5).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Tekankan Keselamatan

Sementara itu, aksi brutal Basna tak sampai membuatnya dihadiahi kartu merah. Wasit Mochammad Adung yang memimpin laga hanya mengeluarkan kartu kuning.

Kinerja wasit pun akan dievaluasi PSSI. Tak hanya itu, federasi sepak bola di Tanah Air itu juga bakal berkoordinasi dengan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) untuk mencari solusi dari persoalan perilaku pemain di lapangan.

“Tak bisa kalau tak kerja sama. PSSI juga mengevaluasi wasit," seru Tisha.

"Dan nanti salah satu bahasan kami ke APPI, mensosialisasikan kepada pemain, akan arena cedera atau resiko. Ini bukan soal pelanggaran, ini soal keselamatan pemain,” tegasnya.