FOLLOW US:


Kick-Off Liga 1 Terancam Mundur

03-04-2017 17:12
Kick-Off Liga 1 Terancam Mundur
Heru Nugroho © Fitri Apriani

Bola.net - Kick off kompetisi Liga 1 musim 2017 terancam mundur dari jadwal. Pasalnya, hingga saat ini Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) belum menerima pengajuan verifikasi dari PSSI.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 akan mulai bergulir pada 15 April mendatang. BOPI pun telah memberikan deadline hingga 31 Maret lalu.

Namun sampai tenggat waktu tersebut, PSSI belum memberikan data klub-klub yang mau di verifikasi. BOPI sendiri telah beberapa kali memberi peringatan kepada federasi sepakbola di Indonesia tersebut.

Sekretaris Jenderal BOPI, Heru Nugroho menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu kepastian PSSI pada hari ini, Senin (3/4/2017). Namun sampai pukul 14.00, BOPI belum menerima surat dari PSSI.

"Sudah kami sudah komunikasi per hari ini. kontak melalui Wakil ketum PSSI, Joko Driyono, bahwa katanya surat ketum ke Menpora, surat sekjen ke BOPI, segera meluncur. Itu jam 14.00 siang. Tadi sampai turun (jumpa pers) belum terima," ujar Heru.

Heru menambahkan, sejatinya BOPI membutuhkan waktu paling sedikit satu minggu untuk memverifikasi. Dengan waktu yang terus bergulir, BOPI kembali mengingatkan PSSI agar segera menyerahkan data-data klub.

Oleh karena itu, BOPI memberikan deadline sampai tanggal 5 April. Jika PSSI tidak memenuhi, maka BOPI sulit memberikan rekomendasi Liga 1 sesuai jadwal.

"Ya, itu sebagai konsekuensi," tegasnya.

Sejauh ini sudah ada beberapa klub yang memberikan laporan terkait Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk pemain asing. Di antaranya PS TNI, Persib Bandung, PSM, Persipura Jayapura, dan Bali United.

KITAS menjadi salah satu persyaratan bagi klub untuk mendaftarkan pemain asing. Selain KITAS, ada beberapa syarat verifikasi lainnya yaitu legalitas klub, kewajiban pajak klub, dan perlindungan terhadap para pelaku (pemain, pelatih, ofisial).