FOLLOW US:


KLB PSSI Tanpa Pemilihan Ketum Merupakan Saran dari FIFA

08-05-2019 21:33
KLB PSSI Tanpa Pemilihan Ketum Merupakan Saran dari FIFA
Gusti Randa © Fitri Apriani

Bola.net - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan digelar pada 13 Juli 2019. Namun di KLB nanti, tak ada agenda pemilihan ketua umum (ketum).

Hanya ada tiga agenda yang akan dibahas saat KLB nanti. Diantaranya mengenai revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, serta memilih anggota baru untuk komite pemilihan (kp) dan komite banding pemilihan (kbp).

Untuk pemilihan ketum baru akan dilakukan saat Kongres Biasa pada Januari 2020. Bersamaan dengan pemilihan dua wakil ketum, dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco).

Keputusan tersebut sempat menimbulkan perdebatan. Pasalnya, kongres pemilihan ketum dinilai bisa dilakukan lebih cepat tanpa harus menunggu tahun depan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Penjelasan Gusti Randa

Salah satu anggota Exco, Gusti Randa pun memberikan penjelasan. Dia menegaskan bahwa keputusan tersebut merupakan saran dari FIFA.

"KLB itu bukan maunya PSSI, tetapi itu setelah PSSI dapat surat dari FIFA. Salah satunya agenda pada KLB nanti harus ada komite pemilihan di bulan Juni nanti. Dalam surat PSSI juga mengatakan, setelah terbentuk itu ada roadmap-nya," ujar Gusti.

"Pada Kongres Tahunan PSSI, FIFA mengamanatkan menjadi kongres tahunan biasa, tetapi agenda pemilihan yang jatuhnya 2020 nanti. Agenda KLB soal pembentukan komite pemilihan dan statuta, statuta harus direvisi karena pertimbangan zaman yang harus up-to-date. Seperti saat berhalangannya ketua umum maka ketua umum itu harus diganti anggota tertua," imbuhnya.