FOLLOW US:


Kompetisi Mandek, Kiper Belia Arema Berguru ke Eks Pelatih Kiper Timnas Indonesia

18-04-2020 21:55

 | Aga Deta

Kompetisi Mandek, Kiper Belia Arema Berguru ke Eks Pelatih Kiper Timnas Indonesia
Kiper Arema FC Andriyas Francisco (kanan) dan Alan Haviluddin. © Dendy Gandakusumah

Bola.net - Andriyas Francisco memiliki kiat untuk meningkatkan kemampuannya dalam masa kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 ini terhenti. Selain berlatih rutin, kiper muda Arema FC ini pun menimba ilmu dari pelatih-pelatih kiper top.

Salah seorang pelatih kiper yang dijadikan mentor oleh Ciko, sapaan karib Andriyas Francisco, adalah Alan Haviluddin. Alan sendiri merupakan salah seorang pelatih kiper terbaik di Indonesia. Ia sempat menjadi pelatih kiper di sejumlah klub besar Indonesia seperti Arema dan Persipura Jayapura. Terakhir, ia memoles penjaga gawang Timnas Indonesia.

Ciko sendiri sowan langsung ke kediaman mentornya tersebut, di Bojonegoro, Sabtu (18/04). Perjalanan dua setengah jam dari kediamannya di daerah Kabupaten Mojokerto ditempuh kiper berusia 19 tahun ini untuk bisa berlatih bersama Alan.

"Saya sebelumnya dihubungi Coach Alan untuk berlatih bersama. Saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan berharga ini," kata Ciko, pada Bola.net.

"Saya sejak awal memang ingin banyak belajar, termasuk dari pelatih luar biasa, seperti Coach Alan," sambungnya.

Menurut Ciko, ada dua sesi latihan yang ia lakoni bersama sang mentor. Setelah berlatih fisik, mereka pun berlatih teknik.

"Latihan fisik di gym yang ada di rumah Coach Alan. Kemudian, untuk latihan praktik di lapangan di dekat kediaman Coach Alan," tuturnya.

Usai berlatih, Ciko pun langsung pulang. Namun, menurutnya, ia akan kembali lagi untuk berlatih bersama Alan.

"Tentu ada rencana kembali lagi. Asalkan ada kesempatan, saya akan kembali lagi ke sini untuk berlatih," ujar Ciko

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2

Senang Dilatih Alan

Lebih lanjut, Ciko mengaku senang mendapat kesempatan berlatih bersama Alan. Menurut jebolan Akademi Arema ini, kesempatan ini sangat berharga baginya.

"Saya tentu bahagia dengan kesempatan dilatih langsung oleh Coach Alan. Terlebih lagi, ia pelatih yang sangat bagus," kata Ciko.

Ciko pun senang mendapat banyak ilmu dari Alan. Menurutnya, Alan banyak memberinya masukan yang sangat berharga.

"Banyak sekali masukan yang Coach Alan berikan kepada saya," tuturnya.

2 dari 2

Diundang Kiper PSIS

Selain Alan, ada lagi yang mengajak Ciko berlatih bersama di tengah mandeknya kompetisi akibat pandemi Covid ini. Ia pun mendapat undangan berlatih bersama dari penjaga gawang PSIS Semarang, Joko Ribowo.

Undangan Joko bagi Ciko ini sejatinya bukan hal yang aneh. Pasalnya, semasa Joko memperkuat Arema, hubungannya dengan Ciko sangat akrab. Joko juga bisa dibilang merupakan mentor Ciko ketika baru magang di tim senior Arema.

"Mas Joko juga mengundang saya ke rumahnya untuk berlatih bersama," tutur Ciko.

"Namun, karena terlalu jauh, mungkin pada kesempatan lain saya baru bisa ke sana," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)