FOLLOW US:


Litbang SOS: Suporter Persebaya Paling Banyak Tewas

07-11-2016 19:14
Litbang SOS: Suporter Persebaya Paling Banyak Tewas
Kegembiraan Bonek usai Persebaya menang di pengadilan © M Syafaruddin

Bola.net - Insiden bentrokan suporter sepakbola yang berujung pada terenggutnya nyawa kembali terulang. Yang terbaru menimpa Harun Al Rasyid Lestaluhu alias Ambon yang merupakan anggota The Jakmania tewas usai memberikan dukungan kepada tim Persija Jakarta.

Anggota The Jakmania Korwil Kali Malang itu tewas setelah terlibat bentrokan dengan warga Lungbenda, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu di Tol Palimanan, sekitar pukul 16.40 WIB dalam perjalanan pulang usai menyaksikan laga Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (05/11).

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Litbang SOS [Save Our Soccer], tercatat sudah ada 54 tumbal nyawa suporter yang harus melayang karena pertandingan sepakbola. Data ini dihimpun sejak perhelatan Liga Indonesia tahun 1993/1994. Jumlah yang tidak sedikit tentunya.

Dari jumlah tersebut, 51 korban meninggal berasal dari suporter klub. Sementara tiga lainnya merupakan suporter timnas Indonesia.

Tim Persebaya Surabaya paling banyak kehilangan nyawa para suporter mereka. Tercatat sejauh ini ada 12 nyawa suporter tim berjuluk Bajul Ijo ini yang meninggal dunia. Di posisi kedua ada Aremania yang kehilangan tujuh nyawa. Sementara Persib Bandung empat kali ditimpa duka atas meninggalnya suporter mereka.

Berikut grafisnya:

Litbang SOS: Suporter Persebaya Paling Banyak Tewas

Khusus 2016, litbang SOS mencatat sudah enam nyawa melayang. Mulai dari M. Fahreza (The Jakmania), Stanislaus Gandhang Deswara (BCS, Sleman), Naga Reno Cenopati (Singamania), M. Rovi Arrahman (bobotoh), sampai Gilang dan Harun Al Rasyid Lestaluhu (The Jakmania).