FOLLOW US:


Menpora Berharap Verifikasi Klub Tak Bikin Gaduh

02-01-2017 09:20
Menpora Berharap Verifikasi Klub Tak Bikin Gaduh
Imam Nahrawi © M Syafaruddin

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mempersilahkan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) melakukan verifikasi pada klub-klub yang berpartisipasi di kompetisi musim 2017. Asalkan, prosesnya tak sampai menimbulkan kegaduhan.

Sebelumnya, BOPI menegaskan bakal kembali melakukan verifikasi terhadap klub-klub peserta kompetisi resmi di bawah PSSI. Bahkan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh klub.

Pertama, klub-klub peserta harus memenuhi syarat legalitas, yang dimana klub-klub tersebut harus memiliki badan hukum berupa Perseroan Terbatas (PT) dan melampirkan akte pendirian klub, SIUP. Mereka juga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Klub-klub peserta juga harus bisa menunjukkan laporan keuangan tahun terakhir. Mereka juga harus bisa menunjukkan laporan pembayaran pajak dan keterangan tidak menunggak gaji pemain dan asuransi.

Selain itu, harus melampirkan kontrak pemain dan pelatih, baik asing maupun lokal. Terakhir, klub-klub harus memiliki pembinaan atlet usia muda dan kegiatan sosial (CSR).

Imam mempersilahkan verifikasi tersebut dilakukan dan jangan sampai menciptakan kehebohan. Namun jika sampai ada sesuatu, dia berharap BOPI berkoordinasi dengan PSSI.

"Ya silahkan evaluasi secara tertutup. Kalau ada apa-apa tinggal panggil PSSI dan koordinasikan dengan baik," ujar Imam kepada Bola.net di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Klub-klub juga harus memenuhi administratif. Itu kan soal kemauan-kemauan untuk memenuhi administratif. Syarat-syaratnya segera dipenuhi, itu hanya soal komunikasi," sambung pria asal Jawa Timur ini.

Imam pun optimistis proses verifikasi ini akan berjalan lancar. Sebab, dia percaya ketua umum PSSI yang sekarang, Edy Rahmayadi, akan menyambut BOPI dengan tangan terbuka.

"Saya yakin ketua umum PSSI yang baru kooperatif," tutup menteri berusia 43 tahun ini.