FOLLOW US:


Meski Laga Ditunda, PSM Ternyata Tetap Tunggu Persija di Stadion

28-07-2019 19:28

 | Ari Prayoga

Meski Laga Ditunda, PSM Ternyata Tetap Tunggu Persija di Stadion
PSM Makassar © Bola.com/Abdi Satria

Bola.net - Laga final Piala Indonesia 2018 leg kedua antara tuan rumah PSM Makassar vs Persija Jakarta yang sedianya digelar pada Minggu (28/7) sore resmi ditunda.

Pada Minggu siang, PSSI merilis pernyataan laga tersebut ditunda, dengan alasan keamanan.

Saat kabar penundaan itu beredar, lautan calon penonton sudah tercipta di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, mengingat hanya beberapa jam saja jelang sepak mula pada jam 15.30 WIB.

Skuat PSM Makassar sebagai tuan rumah bahkan sudah berada di dalam stadion, siap bertanding. Namun, perangkat pertandingan ketika itu belum tiba.

Tim asuhan pelatih Darije Kalezic itu tetap menjalankan prosedur seperti biasa. Satu jam jelang pertandingan, Rasyid Bakri dkk. tetap menggelar sesi pemanasan di lapangan Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

Mereka bergeming dengan keputusan penundaan yang diambil PSSI tersebut. Begitu pula dengan ribuan penonton yang sudah memadati tribune stadion.

Ketua Panpel PSM Makassar, Ali Gauli, menuturkan manajemen Persija sempat meminta kendaraan operasional. Hanya, Persija tak menginjakkan kaki ke stadion, melainkan langsung menuju bandara dari hotel tempat mereka menginap.

Informasi yang diterima Bola.com, tim Macan Kemayoran memiliki jadwal penerbangan jam 14.00 WITA pada Minggu siang ini dari Makassar menuju Surabaya.

1 dari 1

Faktor Keamanan

Pada pernyataan yang termuat dalam situs resmi, PSSI menyebut keamanan jadi faktor utama pertimbangan penundaan pertandingan.

"Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Piala Indonesia kami tunda," ujar Ratu Tisha Destria, Sekjen PSSI.

"PSSI segera memutuskan waktu dan tempat pelaksanaan pertandingan final kedua secepatnya," imbuh Tisha.

Sejak tiba di Makassar, Persija memang mendapatkan teror dari oknum pendukung tuan rumah, dalam berbagai bentuk. Satu di antara yang cukup membahayakan adalah aksi pelemparan bus Persija dengan menggunakan benda tajam yang mengakibatkan kaca bus pecah, mengakibatkan ofisial tim Macan Kemayoran terluka.

Kubu Persija sempat meminta pertandingan ditunda dan dimainkan di tempat netral, atau tetap bermain di Makassar namun tanpa penonton.

Pertandingan pun dijadwal tetap berjalan sesuai rencana awal setelah Panpel PSM berjanji akan menjaga keamanan dan keselamatan tim lawan.

Namun, pada Minggu siang (28/7/2019), PSSI mengambil keputusan lain.

Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, kepada Bola.com mengatakan penundaan pertandingan bukan karena Persija menolak bertanding.

"Karena pertimbangan keamanan, bukan karena Persija menolak bertanding," kata Gatot.

Sumber: Bola.com