FOLLOW US:


Metode Latihan Online Tottenham Jadi Referensi Elite Pro Academy Persija

02-04-2020 16:24

 | Gia Yuda Pradana

Metode Latihan Online Tottenham Jadi Referensi Elite Pro Academy Persija
Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho © THFC

Bola.net - Pemain Elite Pro Academy Persija Jakarta tetap akan menjalani latihan bersama di tengah pandemi virus Corona. Namun, metodenya dilakukan secara online dan diawasi langsung oleh pelatih.

Metode ini sebelumnya sudah digunakan oleh klub Premier League. Klub yang dimaksud adalah Tottenham.

Tottenham melakukan latihan unik di tengah pandemi virus corona yang tengah merebak di seluruh dunia. Mereka berlatih lewat siaran langsung secara online dan dipantau langsung oleh sang manajer, Jose Mourinho.

Dalam latihannya, Tottenham juga mengikutsertakan pemain yang tengah menjalani latihan pemulihan cedera. Cara tersebut menginspirasi pelatih fisik Elite Pro Academy Persija Jakarta, Ilham Ralibi, untuk mengawasi para pemain saat menjalani latihan di rumah.

1 dari 2

Jaga Motivasi dan Kondisi

Jaga Motivasi dan Kondisi
The Jakmania, suporter Persija Jakarta © Bola.com/Yoppy Renato

"Sebelumnya mereka sudah mengirim latihan melalui video. Mungkin untuk menghilangkan sedikit kejenuhan dengan latihan sendiri di rumah, kami berencana melakukan latihan bersama melalui online di sebuah aplikasi," ujar Ilham Ralibi seperti dilansir dari situs resmi klub.

Dalam situasi yang tidak pasti karena pandemi COVID-19, latihan bersama secara online dinilai bagus untuk menjaga motivasi dan kondisi psikologis para pemain. Alasannya karena latihan bersama melalui online membuat para pemain tetap bisa berinteraksi satu sama lain.

"Dalam kegiatan tersebut para pemain bisa berkomunikasi satu sama lain dan juga berdiskusi. Bagi tim pelatih, ajang tersebut bisa jadi sebagai cara untuk memantau kondisi kebugaran semua pemain," ujar pelatih Elite Pro Academy Persija Jakarta itu.

2 dari 2

Tunggu 1 Juli

Tunggu 1 Juli
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Kanan) © Bola.net/Fitri Apriani

Seperti halnya Elite Pro Academy yang diikuti Persija Jakarta, kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan semua kompetisi sepak bola lainnya di Indonesia saat ini tengah dihentikan.

PSSI telah menetapkan status force majeure mengikuti langkah pemerintah Indonesia yang telah menetapkan status darurat bencana wabah penyakit hingga 29 Mei mendatang.

Kompetisi sepak bola profesional di Indonesia paling cepat bakal digelar setelah 1 Juli jika merujuk kepada surat keputusan yang dibuat oleh PSSI.

Namun, jika pemerintah Indonesia memperpanjang masa darurat bencana setelah 29 Mei, maka PSSI memutuskan untuk membatalkan kompetisi sepak bola musim 2020.

Sumber: Persija

Disadur dari: Bola.com/Penulis Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 2 April 2020