FOLLOW US:


Michael Essien Kirim Doa dan Dukungan untuk Deden Natshir

12-07-2019 11:09

 | Gia Yuda Pradana

Michael Essien Kirim Doa dan Dukungan untuk Deden Natshir
Michael Essien ketika di Persib Bandung © Fitri Apriani

Bola.net - Muhammad Natshir, atau yang akrab disapa Deden Natshir, mengalami cedera parah ketika melawan Persija Jakarta di pekan ke-8 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar, Rabu (10/7), Kabar cederanya kiper Persib Bandung itu sampai ke telinga Michael Essien.

Mantan bintang Chelsea dan Persib itu pun mengirim doa dan dukungan buat Deden.

"Semoga lekas sembuh Deden Natshir. Tetap kuat, teman, dan kembali lebih kuat lagi!" tulis Michael Essien sambil me-mention akun Deden Natshir dan menggungah foto mantan rekannya di Persib tersebut dalam unggahan di Instagram, Kamis (11/7).

Essien pernah memperkuat Persib periode 2017-2018. Meski sudah tak lagi menjadi bagian tim Maung Bandung, Essien masih terus memantau mantan klubnya itu.

Deden Natshir mengalami cedera patah tulang kaki kiri setelah bertabrakan dengan gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Ia langsung digantikan kiper senior I Made Wirawan. Laga Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar itu berkesudahan imbang 1-1.

Kiper berusia 26 tahun itu sudah menjalani operasi untuk mempercepat penyembuhan. Deden dikabarkan cukup terpukul dengan cedera yang memaksanya menepi dari lapangan hijau setidaknya selama enam bulan ini.

Scroll terus ke bawah.

1 dari 2

Deden Natshir Bakal Absen 6 Bulan

Deden Natshir Bakal Absen 6 Bulan
Insiden benturan Bruno Matos dan Muhammad Natshir © Bola.com/Yoppy Renato

Deden Natshir terpaksa ditarik keluar lapangan pada menit ke-35 dan langsung dilarikan ke rumah sakit di Jakarta.

"Untuk pemulihan patah tulang biasanya dan secara teori harus istirahat kurang lebih selama enam bulan. Tapi saya berharap bisa lebih cepat asal pada saat rehabilitasi tidak ada komplikasi apa-apa dan semua sesuai dengan harapan," jelas Dokter tim Persib, Raffi Ghani, Kamis (11/7).

Diakui Raffi proses penyembuhan patah tulang tidak boleh menapakkan kaki selama enam bulan dan harus menggunakan tongkat. "Nanti ada masanya lepas tongkat satu, kemudian otot-otot bagian yang cedera harus dilatih lagi. Jadi memang butuh waktu untuk kembali seperti biasa. Mudah-mudahan kurang dari enam bulan," harap Raffi.

Menurut Raffi, kiper bernomor punggung 1 di Persib itu terpaksa dievakuasi ke rumah sakit yang dirujuk pihak Panpel Persija setelah merasakan sakit yang luar biasa setelah benturan dengan Bruno Matos.

"Di sana dia dirontgen dan dipastikan memang ada gambaran patah tulang di sepertiga atau di bagian tulang tibia dan tulang fibula kaki kirinya, jadi dua-duanya patah, baik itu tulang tibia ataupun fibulanya," tutur Raffi.

Deden langsung menjalani operasi di rumah sakit yang berbeda di Jakarta sesuai rujukan sekitar pukul 01.00 tengah malam. "Operasinya baru beres jam 04.55, lalu tetap di recovery room selama dua jam. Dia harus diobsevasi selama 3 atau 4 hari di sana, setelah itu baru bisa pulang," kata dokter tim Persib itu mengakhiri.

2 dari 2

Deden Natshir Terpukul

Deden Natshir terpukul dengan cedera patah tulang kaki kiri yang dialaminya. Hal itu diungkapkan oleh dokter tim Persib, Raffi Ghani.

"Pada saat saya mendampingi memang terlihat terpukul. Tapi saya sudah kasih tahu ke Deden, yang namanya musibah memang tidak tahu, pasti ada hikmah dibalik itu semua," tutur Raffi.

Raffi meminta Deden sabar dan kuat agar proses pemulihan lebih cepat. "Dia bilang juga pada saat itu sedang menikmati permainan. Buktinya, dia melakukan beberapa penyelamatan," ungkap Raffi.

Menurut Raffi, cedera yang dialami Deden Natshir berbeda dengan cedera yang dialami Kim Jeffrey Kurniawan dan Dedi Kusnandar. Kim dan Dedi mengalami fraktur (patah) tulang fibula sehingga tidak perlu dilakukan operasi.

"Kalau Deden karena frakturnya bukan cuma fibula saja, tapi juga fraktur tibia (tulang kering), dan memang harus dioperasi supaya mempercepat penyembuhan. Saat penyembuhan akan menyambung lagi tulangnya sesuai dengan bentuk normal," ungkap Raffi.

"Setelah operasi tinggal proses penyembuhan karena prinsipnya menunggu pertumbuhan tulang itu memang perlu waktu, ada proses untuk penyembuhannya," imbuh Raffi.

Hasil imbang ini membuat Persija dan Persib sama-sama naik satu peringkat di klasemen sementara Liga 1 2019. Persija kini memiliki enam poin dari enam pertandingan (M1 S3 K2) di posisi 13, sedangkan Persib tepat di atasnya dengan tujuh poin dari tujuh laga (M1 S4 K2).

Sumber: Bola.com