FOLLOW US:


Nasib Tragis Arema di Awal Musim Liga 1 Musim 2018

24-04-2018 10:25
Nasib Tragis Arema di Awal Musim Liga 1 Musim 2018
Arema FC © Instagram/aremafcofficial

Bola.net - Arema FC belum sekalipun merasakan kemenangan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak hingga pekan kelima. Hal itu membuat Arema kini berada di dasar klasemen sementara.

Perjalanan Arema FC musim ini diawali dengan raihan hasil imbang 2-2 kontra Mitra Kukar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 24 Maret 2018. Kemudian, Arema harus takluk 1-3 dari Persija Jakarta pada laga pekan kedua di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 31 Maret.

Peruntungan belum juga menghampiri Arema ketika bertandang ke Stadion Segiri, markas Borneo FC. Thiago Furtuoso dan kawan-kawan gagal membawa pulang poin karena menyerah 1-2 dari Pesut Etam.

Tren minor Arema pun belum putus ketika menjamu Persib Bandung pada 15 April 2018. Tim tuan rumah harus bermain imbang 2-2 lawan Maung Bandung.

Teranyar, lawatan ke markas Madura United harus berujung luka. Arema FC kembali takluk kali ini dengan skor 2-3.

Secara keseluruhan, Arema FC sejatinya sudah mencetak delapan gol musim ini. Namun, jumlah kebobolan klub kebanggaan masyarakat Malang itu lebih banyak yakni 12 gol. Walhasil, Arema tercecer di dasar klasemen dengan raihan dua poin.

Menariknya, tiga klub promosi Liga 1 2018 yakni Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang menempati posisi yang lebih baik dari Arema. Persebaya menghuni posisi keenam dengan raihan delapan poin, PSMS bertengger di posisi ke-13 dengan raihan enam angka, dan PSIS berada satu tingkat di bawahnya dengan raihan lima poin.

Arema pun tak kalah lebih baik dari Perseru Serui. Klub yang musim lalu finis di peringkat ke-15 alias batas aman liga saat ini berada di peringkat ke-16.

Perseru mengoleksi empat angka hasil sekali menang, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Uniknya, satu-satunya kemenangan yang diraih klub berjuluk Kuda Laut Jingga itu diraih ketika mengalahkan juara bertahan Liga 1, Bhayangkara FC dengan skor 1-0.

Sering Lengah pada Babak Kedua

Mengacu pada lima pertandingan terakhir Arema FC di Liga 1, sebenarnya tim tersebut memiliki semangat juang yang tinggi. Arema mampu bersaing dengan lawan pada 45 menit pertama.

Akan tetapi, Arema FC kerap kehilangan fokus pada babak kedua. Contohnya ketika bermain melawan Mitra Kukar, Arema FC sempat unggul dua gol dan hampir meraih kemenangan.

Namun, mereka kecolongan dua gol pada 10 menit terakhir pertandingan. Hal serupa terjadi ketika menghadapi Persija di mana Arema sempat bermain imbang 1-1 pada babak pertama, kemudian kebobolan dua gol lagi pada babak kedua.

Bahkan ketika menghadapi Borneo, Arema sempat unggul lebih dulu. Namun, sekali lagi mereka lengah karena kebobolan dua gol pada babak kedua dan akhirnya menyerah 1-2. Demikian pula ketika menghadapi Madura United. Arema sempat mengimbangi tuan rumah dengan skor 1-1 dan akhirnya kalah 2-3 pada akhir laga.

Fokus pemain saat ini menjadi pekerjaan rumah pelatih Joko Susilo. Pria yang akrab disapa Getuk itu harus mampu menempa mental para pemainnya agar mengerahkan segala fokus dan tak lengah ketika babak kedua sehingga bisa menyudahi tren minor di Liga 1 2018.

Pada pertandingan selanjutnya, Arema FC akan menjamu Persipura Jayapura di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (27/4/2018). Laga diyakini tak akan mudah mengingat Persipura adalah salah satu tim yang belum menelan kekalahan musim ini.

Apalagi Persipura saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan 11 poin. Namun, ini menjadi momentum yang tepat buat Arema FC untuk mendongkrak kepercayaan diri mereka andai mampu mengalahkan Mutiara Hitam pada laga bertajuk pekan keenam Liga 1 2018.

Menghadapi Persipura, Arema bakal kehilangan sebagian dukungan dari Aremania. Pasalnya sebagian tribun di Kanjuruhan akan ditutup karena sanksi yang telah dijatuhkan PSSI terkait kerusuhan yang terjadi saat menghadapi Persib.

Sumber: Bola.com