FOLLOW US:


Operator Liga Ragu Gerakan FKSPI Wakili Kepentingan Klub

06-10-2017 09:07
Operator Liga Ragu Gerakan FKSPI Wakili Kepentingan Klub
Berlinton Siahaan. © Fitri Apriani

Bola.net - CEO PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Berlinton Siahaan ragu dengan Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKSPI) yang mengajukan tuntutan pada PT LIB. Dia tak yakin apakah tuntutan itu atas nama klub atau perseorangan.

Pada Rabu (4/10/2017), 15 klub bersatu untuk membentuk FKSPI. Forum itu terbentuk karena mereka merasa PT LIB selaku operator tidak transparan dalam pengelolaan kompetisi Liga 1 musim 2017.

FKSPI pun menuntut agar PT LIB mau membenahi hal tersebut. Mereka juga mengajukan deadline 14 hari sejak 4 Oktober 2017 agar PT LIB menjelaskan secara transparan terkait 15 aspek pengelolaan liga.

"Begitu lihat semua isinya, hasil dari pada pertemuan mereka disini juga saya terus terang agak meragukan ini. Meragukan dalam arti kata apakah orang-orang yang datang kesini itu membawa klub atau jangan-jangan pribadi," ujar Berlinton di The Park Lane Hotel, Jakarta, Kamis (5/10/2017).

FKSPI sendiri memberikan ancaman serius pada PT LIB. Jika operator liga itu tidak menanggapi tuntutan tersebut, maka mereka akan melakukan aksi mogok main.

15 tuntutan itu adalah breakdown sumber dana, transparansi jumlah sponsor, transparansi share hak siar, pelaksanaan pilihan live pertandingan, formulasi ranking dan fee rating televisi, pemilihan waktu pertandingan, dan transparansi penggunaan anggaran.

Lalu ada legal standing hubungan LIB dan klub, kejelasan perjanjian hak dan kewajiban LIB dan klub, hak gaji pemain yang dipanggil timnas, regulasi kompetisi secara umum, penugasan wasit asing, kebijakan kompetisi usia muda, transparansi jumlah pertandingan home dan away, serta yang terakhir implementasi fairness yang sering dipaksakan.