FOLLOW US:


Operator Liga Ragu Izinkan The Jakmania ke Bandung

10-07-2017 19:19
Operator Liga Ragu Izinkan The Jakmania ke Bandung
The Jakmania © Fitri Apriani

Bola.net - Wacana memperbolehkan The Jakmania datang ke Bandung belum mendapat lampu hijau dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Pasalnya, hal tersebut membutuhkan pembahasan, terutama menyangkut masalah keamanan.

Persija Jakarta dijadwalkan untuk bertandang ke markas Persib Bandung pada pekan ke-16 Liga 1di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, pada 22 Juli 2017. Dari situ, ada wacana untuk memperbolehkan suporter Persija yakni The Jakmania untuk datang ke markas Persib dan menonton laga tersebut.

Wacana itu sendiri diapungkan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Edy mengaku ingin melihat apa yang akan terjadi jika The Jakmania diperbolehkan menonton di Bandung.

Selama ini, The Jakmania memang dilarang datang ke Bandung. Begitu pula sebaliknya, para suporter Persib yakni Bobotoh juga dilarang datang ke Jakarta. Namun, PT LIB masih ragu untuk membebaskan The Jakmania datang ke kandang Persib. Sebab, keputusan itu juga bergantung pada pihak lain.

"Setiap orang punya hak yang sama untuk menonton pertandingan. Tapi di luar itu, kita ada dalam satu komunitas yang mungkin membuat itu tidak di lakukan," ujar Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy, Senin (10/7/2017).

"Dalam hal ini kita bicara aspek keamanan. Kalau Kepolisian memang tidak mengijinkan dari sisi keamanan seperti yang sebelum-sebelumnya dilakukan, berarti tanpa kehadiran The Jakmania misalnya. Itu yang kita bisa sampaikan," sambungnya.

Sementara itu terkait pernyataan dari Ketum PSSI, Tigor mengatakan hal itu tidak bisa begitu saja dilakukan. Sebab, pelaksanaannya juga tidak mudah. Tigor tidak ingin justru hal ini membuat pihak keamanan pontang-panting untuk mengamankan pertandingan.

"Memang kemarin pak Edy sempat menyampaikan 'ya udah sekalian saja lepas'. Tapi kita harus melihatnya juga, harus berkomunikasi dengan banyak pihak," tuturnya.