FOLLOW US:


Pelatih Persebaya: Kompetisi Tanpa Degradasi Rawan Kepentingan

08-05-2021 21:41

 | Serafin Unus Pasi

Pelatih Persebaya: Kompetisi Tanpa Degradasi Rawan Kepentingan
Pelatih Persebaya, Aji Santoso, di Piala Menpora 2021 © Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso kurang sepakat dengan rencana penghapusan degradasi pada Liga 1 2021. Pasalnya, kondisi itu akan berpengaruh terhadap persaingan.

Aji juga khawatir tidak adanya degradasi membuat kompetisi penuh dengan kepentingan. Jika itu terjadi, dampaknya kurang bagus bagi masa depan sepak bola nasional.

"Pasti aura kompetisinya berkurang, persaingannya juga tidak seketat ketika ada promosi degradasi," katanya kepada Bola.net, Sabtu (08/04/2021

"Yang berikutnya ya kita tidak berburuk sangka tapi kita harus mengantisipasi kalau tidak ada degradasi itu akan banyak pertandingan yang penuh dengan kepentingan-kepentingan," lanjutnya.

"Kalau seumpamanya sampai terjadi pengaturan skor nanti di mata masyarakat sepak bola kita itu jadi tidak bagus," tegas juru taktik asal Kepanjen Kabupaten Malang itu.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Butuh Pertimbangan Matang

Untuk itu, terkait wacana kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi, Aji menyarankan agar federasi mempertimbangkan untuk ruginya. Apalagi, jika kepentingannya hanya untuk menambah jumlah peserta.

"Kalau menghendaki tahun 2022 ada 20 tim di Liga 1 tidak masalah, turun 2 naik 4 kan bisa, kan begitu," Aji menambahkan.

"Mudah-mudahan keputusan benar-benar baik, benar-benar akurat untuk persepakbolaan Indonesia," tandas mantan pelatih Arema FC dan Persela Lamongan itu.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)