FOLLOW US:


Pemain U-18 Maluku Diundang Pemerintah Darwin

23-02-2011 11:55

Bola.net - Pengurus provinsi (Pengprov) PSSI Maluku masih berkoodinasi dengan pemerintah setempat dalam rangka menindaklanjuti undangan pemerintah Darwin, Northern Teritory, Australia untuk pemain usia di bawah 18 tahun berlaga di sana.

Ketua Pengprov PSSI Maluku, Dirk Soplanit, di Ambon, Rabu, mengatakan, koordinasi perlu dijalin dengan Pemprov Maluku karena undangan Gubernur Darwin, Tom Pauling itu disampaikan kepada Wagub Maluku, Said Assagaff saat kunjungan ke sana pada Juni 2010.

"Kami pada prinsipnya siap mengirimkan tim ke Darwin yang juga merupakan sister city Ambon karena strategis untuk melakukan uji coba guna mengevaluasi pembinaan yang diprogramkan," ujarnya.

Dirk mengakui persiapan tim bukan masalah karena pemain di bawah usia 18 tahun di Maluku cukup banyak dan memiliki kualitas pemain patut dibanggakan dengan sejumlah atlet terjaring tim Indonesia untuk berlatih maupun bertanding di luar negeri.

"Jadi undangan Gubernur Darwin tersebut akan dikoordinasikan sehingga jadwal pertandingan pada Mei 2011 bisa dipenuhi," katanya.

Dia mengemukakan, saat diberitahu Wagub Maluku, Said Assagaff bahwa pemain daerah ini diundang berlaga di Darwin, makanya direspons positif.

"Peluang langka ini harus dimanfaatkan untuk menguji kualitas pesepak bola Maluku yang nantinya dikoordinasikan dengan klub-klub guna melaksanakan seleksi agar terjaring pemain mewakili daerah ini di Darwin," ujarnya.

Dirk mengatakan, Maluku memiliki pemain di bawah usia 18 tahun dengan potensi dan bakat yang cukup diandalkan. Tapi kurang kompetisi untuk mengukur pembinaan dan kualitas pemain akibat terbatasnya sponsor.

"Kami pernah menjuarai piala Medco pada 2006 yang mengantarkan lima pemain dipanggil untuk memperkuat Indonesia di kejuaraan AFC U-16. Sedangkan tujuh pemain tim U-15 Maluku lainnya juga diberangkatkan ke Jakarta untuk memenuhi panggilan PSSI guna mengikuti seleksi timnas Indonesia yang akan mengikuti latihan di Uruguay," katanya.

Dirik mengisyaratkan Pengprov PSSI Maluku periode 2010-2014 sedang memprogramkan perlunya kepedulian pengusaha dengan sistem `bapak angkat` untuk mendorong prestasi klub-klub sepak bola karena generasi muda di sini memiliki bakat dan potensi menjanjikan sebagai pesepak bola nasional.

"Terus terang potensi dan minat generasi muda menekuni cabang olahraga sepak bola cenderung tinggi, hanya terkendala anggaran pembinaan maupun mengikuti pertandingan di luar daerah sehingga prestasi Maluku kurang menonjol di tingkat nasional," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Northern Territory Tom Pauling mengundang tim sepak bola Maluku usia di bawah 18 tahun berlaga di Darwin yang dijadwalkan pada Mei 2011 saat Wagub Assagaff berkunjung ke sana pada awal Juni 2010. Gubernur Tom Pauling memprogramkan pertandingan persahabatan antara tim Northern Teritorry, Maluku dan Timor Leste.

Bahkan, Gubernur Northern Teritorry menyanggupi akan mengirimkan pesawat untuk mengangkut 25 pemain, termasuk manager dan ofisial Maluku ke Darwin bila pertandingan tersebut diselenggarakan nanti. Transporrasi dan akomodasi selama di Darwin ditanggung pemerintah Northern Teritorry. Sedangkan makanan disiapkan Konsul RI di Darwin. (ant/cax)
Komentar Pembaca (1 komentar)
Habil, Gresik
14:30 24 Februari 2011
smoga 10 tahun kedepan TIMNAS INDONESIA berjaya dengan para pemain-pemain mudanya,,,