Penjelasan Azrul Ananda Ihwal Kenaikan Harga Tiket Persebaya

Dimas Ardi Prasetya | 29 Juli 2022 23:08
Azrul Ananda (c) Mustopa El Abdy

Bola.net - Harga tiket pertandingan kandang Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo mengalami kenaikan pada BRI Liga 1 2022/2023. Itu berlaku untuk kategori fans maupun super fans.

Kenaikan harga tersebut sudah terlihat dalam dua laga persahabatan Persebaya melawan Persis Solo dan PSIM Yogyakarta. Tiket kategori fans dijual seharga Rp75.000 dan super fans Rp350.000.

Padahal sebelum pandemi, tiket kategori fans dijual dengan harga Rp50.000 dan tiket super fans Rp250.000. Persebaya biasanya juga mengeluarkan tiket kategori pelajar seharga Rp40.000.

Sementara untuk laga terdekat melawan Persita Tangerang, tiket dijual seharga Rp60.000 untuk kategori fans. Sementara tiket super fans masih Rp250.000.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Supply and Demand

Presiden klub Persebaya, Azrul Ananda menyampaikan alasan naiknya harga tiket pertandingan. Kata dia, kenaikan tersebut terjadi karena faktor penawaran dan permintaan.

"Kita semua harus punya pemikiran jauh, dunia ini kan digerakkan oleh hukum supply and demand. Semua, selalu digerakkan hukum supply and demand," katanya, Jumat (29/07/2022).

Persebaya, kata Azrul, juga berpatokan pada variable pricing dalam menentukan harga tiket. Sistem tersebut sudah berlaku umum di seluruh dunia.

"Pertandingan ini dengan pertandingan ini harganya beda, kursi yang sama harganya bisa berbeda, tanggal berbeda harganya bisa berbeda," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Selalu Dievaluasi

Tetapi, kata Azrul, Persebaya akan selalu mengevaluasi harga tiket sesuai dengan variable pricing tersebut. Ia juga akan mempertimbangkan dari sudut pandang suporter dan manajemen.

"Kita sebagai masyarakat olahraga harus mulai terbiasa dengan yang namanya variable pricing. Harga bisa naik turun sesuai situasi," Azrul menambahkan.

"Jadi kami pasti akan mengevaluasi pricing policy dan lain-lain karena itu harus balance," tegas pria lulusan California State University Sacramento tersebut.

3 dari 3 halaman

Biaya Mahal

Di sisi lain, Azrul mengakui bahwa biaya pertandingan di Surabaya biayanya mahal. Sehingga, itu juga menjadi pertimbangan Persebaya dalam menentukan harga tiket pertandingan.

"Menyelenggarakan pertandingan sepak bola di Surabaya itu saya kira ini sudah rahasia umum, bukan sesuatu yang mudah dan murah," lanjut Azrul.

"Itu yang harus dipertimbangkan. Jadi variable pricing itu masa depan, itu yang kita harus terbiasa," tandas mantan CEO Jawa Pos tersebut.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR