Perjalanan Arema FC Menuju Juara Piala Presiden 2019

Serafin Unus Pasi | 12 April 2019 22:40
Arema FC vs Barito Putera (c) Arema FC Official

Bola.net - - Sebuah prestasi diciptakan oleh Arema FC. Tim kebanggaan masyarakat Kota Malang tersebut berhasil dinobatkan sebagai juara Piala Presiden 2019.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PSSI kembali menggelar turnamen bertajuk Piala Presiden 2019. Turnamen ini diikuti oleh 20 klub terbaik Indonesia, dengan rincian 16 klub Liga 1 dan 4 klub Liga 2.

Turnamen edisi ke empat ini dimulai pada tanggal 2 Maret 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, di mana laga Persib Bandung melawan TIRA Persikabo menjadi laga pembuka, dan pada hari ini, 12 April 2019 turnamen ini resmi ditutup dengan partai leg kedua Final Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Pada laga ini, Arema resmi dinobatkan menjadi juara Piala Presiden 2019. Mereka mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-0, sehingga agregat akhir menjadi 4-2 untuk keunggulan Arema setelah leg pertama pertandingan berjalan imbang dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo.

Bagaimana Perjalanan Arema sampai menjadi kampiun turnamen yang seluruhnya disiarkan secara langsung oleh Indosiar ini? Simak detailnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Fase Grup

Arema tergabung di grup E Piala Presiden 2019, bersama dengan Persela Lamongan, Barito Putera dan Persita Tangerang.

Arema mendapatkan start yang mulus di pertandingan pertama mereka, di mana mereka mengalahkan Barito Putera dengan skor 3-2, berkat brace Dedik Setiawan dan Nur Hardianto.

Namun di pertandingan kedua, Arema harus menelan kekalahan. Mereka ditumbangkan Persela Lamongan dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Washington Brandao.

Sempat terancam gagal lolos ke fase knockout, Arema berhasil menang dengan skor besar melawan Persita Tangerang, yaitu dengan skor 6-1 sehingga mereka lolos ke fase gugur dengan status runner up terbaik bersama dengan Madura United dan TIRA Persikabo.

2 dari 3 halaman

Fase Gugur

Berdasarkan hasil undian, Arema FC harus menghadapi salah satu tim kuat Liga 1, Bhayangkara FC. Duel yang diperkirakan akan berlangsung sengit itu secara mengejutkan berhasil dimenangkan oleh Arema FC dengan skor telak 4-0 berkat dwigol Makan Konate, dan masing-masing satu gol dari Hamka Hamzah dan Ricky Kayame.

Di semi final, Arema dipertemukan dengan tim asal Kalimantan, Kalteng Putra. Di semi final ini, pertandingan menggunakan sistem dua leg, di mana Arema menggelar partai kandang dulu sebelum bertandang ke markas Kalteng Putra.

Di leg pertama yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Arema FC berhasil menang dengan skor yang meyakinkan dengan skor 3-0 berkat gol Ricky Kayame, Hanif Sjahbandi dan Dedik Setiawan.

Di leg kedua yang digelar di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Arema kembali tampil spektakuler. Mereka berhasil mengalahkan Tuan Rumah dengan skor identik 3-0, berkat gol Dedik Setiawan, Johan Ahmat Farizi dan Ricky Kayame. Dengan kemenangan agregat 6-0, Arema dipastikan bertemu dengan rival abadi mereka, Persebaya Surabaya yang berhasil menyingkirkan Madura United di semi final dengan agregat 4-2.

3 dari 3 halaman

Partai Final

Berbeda dengan pagelaran Piala Presiden 2018, pada Final Piala Presiden 2019 ini menggunakan sistem dua leg, di mana Persebaya menggelar pertandingan leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo pada tanggal 9 April dan leg kedua digelar di Stadion Kanjuruhan pada tanggal 12 April.

Di leg pertama tersebut, Arema langung mendapatkan kejutan berkat gol cepat Irfan Jaya. Namun Hendro Siswanto berhasil menyamakan kedudukan di menit 33. Namun di menit 72, Arema mendapatkan petaka setelah Damian Lizio berhasil mengeksekusi tendangan penalti, namun enam menit berselang Arema berhasil menyamakan kedudukan berkat tendangan bebas Makan Konate.

Di leg kedua yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Arema berhasil menahbiskan diri menjadi kampiun Piala Preisden 2019. Gol Nur Hardianto di penghujung babak pertama dan gol Ricky Kayame di penghujung babak kedua memastikan Singo Edan menjadi juara dengan skor akhir 2-0 dan agregat akhir 4-2.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR