Perjalanan Persib di Seri Pertama BRI Liga 1 2021/2022: Start Kencang Berakhir Paceklik Kemenangan

Serafin Unus Pasi | 5 Oktober 2021 18:52
Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, dan rekan-rekannya usai bermain imbang pada laga melawan Bali United di pekan ke-3 BRI Liga 1 (c) Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Persib Bandung termasuk salah satu tim yang belum merasakan kekalahan di BRI Liga 1 2021/2022 yang disiarkan Indosiar. Namun, tekanan buat pelatih dan pemain tetap datang dari Bobotoh.

Sebab meski belum pernah kalah, hasil pertandingan Persib kurang menggembirakan karena kebanyakan imbang. Total dari enam laga di seri pertama, Maung Bandung hanya bisa menang dua kali.

Hasilnya, tim asuhan Robert Albert itu ada di posisi kelima klasemen sementara dengan mengemas 10 poin. Selisih angka dengan pemuncak klasemen terbilang banyak, yaitu enam, sehingga dianggap belum bersaing di jalur juara.

Start Persib diawali dengan dua kemenangan atas Barito Putera dan Persita Tangerang. Tapi setelah itu pada pekan ketiga sampai keenam, semuanya berakhir dengan hasil imbang.

Empat hasil seri itu didapat Persib saat berhadapan dengan Bali United, Borneo FC, Persikabo 1973, dan PSM Makassar. Berikut Bola.net sajikan perjalanan Maung Bandung di seri pertama BRI Liga 1 2021/2022 dengan menampilkan ulasan setiap pertandingannya.

1 dari 6 halaman

Persib Vs Barito Putera 1-0

Marc Klok menjadi pembeda dalam laga yang berlangsung di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, pada 4 September 2021. Pemain anyar Persib ini langsung mencetak gol pertamanya buat Maung Bandung.

Klok mencetak gol pada menit ke-86, sekaligus memastikan kemenangan 1-0 Persib atas Barito Putera. Tiga poin ini membuat Maung Bandung bersaing di tiga besar papan atas pada pekan pertama.

2 dari 6 halaman

Persita Vs Persib 1-2

Tren positif dilanjutkan Persib pada pekan kedua, lewat kemenangan 2-1 atas Persita di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (11/9). Hasil ini membuat tim asal Kota Kembang itu tampak menjanjikan karena sapuan dua kemenangan di awal musim.

Dua gol Persib ke gawang Persita diborong Mohammed Bassim Rashid pada menit ke-41 dan 77. Pendekar Cisadane sempat menyamakan skor melalui Irsyad Maulana di menit ke-54.

3 dari 6 halaman

Bali United Vs Persib 2-2

Ini menjadi awal tren imbang Persib. Menghadapi lawan yang sepadan dari segi materi pemain, Maung Bandung hanya bisa bermain imbang melawan Bali United, di Indomilk Arena, pada 18 September 2021.

Saling kejar gol terjadi dalam pertandingan pekan ketiga ini. Kebobolan dulu lewat Ilija Spasojevic (7'), Persib sukses membalikkan keadaan melalui Beckham Putra pada menit 36 dan 46. Namun, Maung Bandung lengah ketika kebobolan melalui gol Yabes Roni (56').

4 dari 6 halaman

Persib Vs Borneo FC 0-0

Borneo FC membuat Persib seperti frustrasi. Supardi Nasir dan kawan-kawan terus menerus mengurung pertahanan Pesut Etam.

Namun sampai pertandingan selesai, tidak ada gol yang tercipta dalam laga yang berlangsung di Indomilk Arena, pada 23 September 2021. Usai laga, mulai muncul suara-suara tidak puas terhadap kinerja pelatih dan pemain.

5 dari 6 halaman

Persikabo 1973 Vs Persib 0-0

Lagi-lagi, hasil imbang tanpa gol didapatkan Persib. Kali ini, Persikabo 1973 yang menjadi ganjalan buat tim kebanggaan Bobotoh itu.

Permainan menyerang Persib berhasil dikunci Laskar Pajajaran sehingga laga yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, pada 27 September 2021 itu selesai tanpa gol. Protes ketidakpuasan terhadap Maung Bandung pun bertambah banyak.

6 dari 6 halaman

Persib Vs PSM 1-1

Tekad memperbaiki penampilan ternyata belum cukup untuk mengembalikan Persib ke jalur kemenangan. Sebab ketika menghadapi PSM pada pekan penutup seri pertama, Maung Bandung belum bisa menang lagi.

Persib sedianya berhasil unggul pada menit ke-60, saat pemain PSM, Serif Hasic bunuh diri. Namun, gawang Maung Bandung yang dijaga Teja Paku Alam malah bobol di menit ke-77 oleh Saldi Amiruddin.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR