FOLLOW US:


Persebaya Berharap Protokol Kesehatan Shopee Liga 1 2020 Dibuat Lebih Sempurna

30-07-2020 01:40

 | Ari Prayoga

Persebaya Berharap Protokol Kesehatan Shopee Liga 1 2020 Dibuat Lebih Sempurna
Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda memotong Tumpeng di hari Jadi Persebaya ke-93 © Persebaya.id

Bola.net - Persebaya Surabaya memberi masukan kepada PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru terkait protokol kesehatan Shopee Liga 1 2020. Manajemen meminta federasi mencontoh liga di beberapa negara tetangga.

Menurut Sekretaris Persebaya, Ram Surahman, belum bergulirnya kompetisi sebenarnya bisa menjadi keuntungan bagi federasi. Terutama untuk menyiapkan panduan protokol kesehatan yang lebih sempurna.

PSSI, kata Ram, bisa melihat kasus yang terjadi di Vietnam, Jepang maupun Korea Selatan untuk kemudian jadi pembelajaran. Sehingga langkah-langkah mitigasinya lebih tepat.

"Contohnya Vietnam yang sudah sangat rapi seperti itu, kemudian kompetisi harus terhenti, padahal tidak langsung berimbas ke pemainnya," katanya kepada Bola.net.

"Harapan kami protokol itu jauh lebih sempurna, karena kita bisa melihat yang terjadi di Vietnam, mengkompilasikan kasus-kasus yang terjadi di sana," imbuhnya.

Tentu, Persebaya masih terus menunggu panduan protokol resmi dari induk sepak bola Indonesia, selain regulasi dan detail teknis lainnya. Karena itu penting dan menyangkut aspek keselamatan.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 1

Jalan Keluar Terbaik

Namun, Ram berharap masukan demi masukan maupun tuntutan yang disampaikan Persebaya tidak dianggap sebagai bentuk perlawanan. Pihaknya hanya berusaha mencari keputusan yang terbaik untuk semua.

"Perlu ditekankan kami tidak dalam posisi membangkang, rewel, cerewet atau apa, memang ini harus didiskusikan secara jernih, secara sehat," jelas Ram.

"Sehingga nanti keputusannya yang terbaik, apakah lanjut atau tidak, semua dikonstruksi secara sehat. Itu yang terpenting," tandas mantan jurnalis olahraga tersebut.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)