FOLLOW US:


Persebaya: Mundurnya David da Silva Harus Jadi Catatan PSSI dan LIB

07-12-2020 15:02

 | Asad Arifin

Persebaya: Mundurnya David da Silva Harus Jadi Catatan PSSI dan LIB
David da Silva © Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Manajemen Persebaya Surabaya meminta PSSI dan LIB menyikapi serius mundurnya David da Silva. Sebab, itu terjadi karena tidak adanya kepastian terkait kelanjutan Shopee Liga 1 2020.

Striker Persebaya, David da Silva memilih mundur setelah kurang lebih sepuluh bulan tidak bermain akibat kompetisi dihentikan. Rencananya, pemain asal Brasil itu akan bermain di luar negeri.

"Saya kira ini harus menjadi perhatian, khususnya PSSI maupun LIB selaku pembuat kebijakan," kata Sekretaris Persebaya, Ram Surahman kepada Bola.net, Senin (7/12/2020).

Menurut Ram, atas ketidakpastian liga, klub tidak bisa berbuat banyak. Padahal, pemain sering mempertanyakan kapan pastinya kompetisi kasta tertinggi itu akan benar-benar digulirkan.

"Dalam kondisi sekarang ini klub juga tidak bisa berbuat apa-apa, jadi pertanyaan terbesar dari pemain itu adalah tentang kepastian kompetisi," lanjut Ram.

"Klub tidak bisa memberi jawaban karena PSSI maupun LIB tidak bisa memberi kepastian," tegas pria asal Gresik, Jawa Timur tersebut.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 1

Tak Boleh Diremehkan

Lebih lanjut, kata Ram, kondisi yang menimpa Persebaya ini tidak bisa diremehkan. Karena meskipun klub bisa mencari pengganti, kepergian pemain asing akan membawa dampak yang kurang bagus.

"Memang akan mendatangkan pemain baru tapi kalau iklim dari kompetisi sendiri tidak kita tetapkan, itu juga akan mempengaruhi kualitas kompetisi," lanjutnya.

Apalagi, dari awal, kehadiran pemain asing merupakan sarana transformasi sepak bola Indonesia. Utamanya untuk mengangkat kualitas pemain hingga atmosfer liga menjadi lebih kompetitif.

"Jadi saya kira ini memang harus jadi catatan buat PSSI maupun operator kompetisi," tandas mantan jurnalis olahraga tersebut.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)