FOLLOW US:


Persebaya Rugi Hampir Setengah Miliar Akibat Kericuhan pada Laga Kontra PSS

11-11-2019 23:32

 | Dimas Ardi Prasetya

Persebaya Rugi Hampir Setengah Miliar Akibat Kericuhan pada Laga Kontra PSS
Pertandingan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Persebaya harus membayar mahal kerusakan di Stadion Gelora Bung Tomo akibat insiden kericuhan pada laga kontra PSS Sleman beberapa waktu lalu. Manajemen bahkan harus mengeluarkan biaya hampir setengah miliar.

Menurut Sekretaris Persebaya, Ram Surahman, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki fasilitas yang dirusak kurang lebih Rp. 400 juta. Tetapi, tidak diserahkan dalam bentuk uang.

"Jadi vendornya pemkot yang jalani (perbaikan fasilitas), terus kita yang menyelesaikan semuanya (pembayaran)," kata Ram Surahman, Senin (11/11/2019).

Dikatakan Ram, sebenarnya Persebaya tidak hanya sekali dua kali memperbaiki fasilitas stadion. Kerusakan-kerusakan kecil yang terjadi di tiap pertandingan juga menjadi tanggung jawab pengurus.

"Karena kita sebagai penyewa, segala kerusakan pasti yang diakibatkan oleh pertandingan, pasti jadi tanggung jawab Persebaya," jelasnya.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 1

Kerugian Imateriel

Tetapi, sekalipun kerugian yang ditanggung relatif besar, Ram menganggap tidak ada apa-apanya dibanding kerugian imateriel. Mengingat, citra suporter Persebaya, Bonek Mania menjadi tercoreng.

Padahal, selama ini, Bonek sudah berupaya memperbaiki stigma negatif di masa lalu dengan menggelar aksi-aksi sosial seperti Panti Asuhan Bonek, Bonek Peduli Kemanusiaan dan sebagainya.

"Tapi kemudian dengan sekali kejadian semua menjadi hilang dan terhapus," jelas Ram.

Sehingga, pihaknya mengajak kepada seluruh stakeholder dalam hal ini manajemen, suporter dan seluruh elemen untuk merumuskan langkah yang lebih nyata. Sehingga kejadian serupa tak lagi terulang.

"Kita berharap ada rencana aksi yang lebih konkret, supaya memastikan kejadian seperti ini tidak terjadi," tegas Ram.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)