FOLLOW US:


Persija: Penggabungan ISL-LPI Menyalahi Statuta

13-08-2011 07:00
Ferry Paulus (c) bola-esa
Ferry Paulus (c) bola-esa

Bola.net - Ketum Persija, Ferry Paulus menegaskan, jika klub Liga Primer Indonesia (LPI) disejajarkan dengan Indonesia Super Liga (ISL) atau Divisi Utama pada kompetisi mendatang maka hal itu merupakan pelanggaran kepada Statuta.

"Setiap klub yang berada pada level kompetisi tertinggi (ISL) itu bisa mencapai ke sana karena melalui tahapan-tahapan verifikasi, kemudian naik secara berjenjang dari Divisi III, II dan I baru kemudian ke Divisi Utama dan Liga Super sebagai kasta tertinggi. Jadi ada proses promosi dan degradasinya," ujar Ferry, Jumat (12/8).

"Kalau hal itu dilakukan maka hal tersebut akan menyalahi statuta sehingga kami pasti menolak jika ada upaya ke arah itu," ujarnya.

Ferry menegaskan bahwa pandangannya itu tidak didasarkan atas suka atau tidak suka, melainkan ia mengingatkan agar para pembina sepak bola dan juga PSSI Pusat harus memikirkan hal itu dan tidak memandang dari satu sudut kepentingan saja.

"Hal itu yang harus dipikirkan. Kalau mau mengubah aturan seperti itu berarti harus mengubah Statuta di dalam kongres, dan tentu hal ini harus mendapatkan ratifikasi atau pengesahan dari FIFA," tandasnya. (ant/end)


Komentar Pembaca (27 komentar)
Gus Sofyan, Suramalang
21:33 15 Agustus 2011
buat kyk kompetisi dulu kala,yg dana operasionalnya pakai APBN namanya perserikatan (amatir) dan yang dana operasionalnya non (tanpa) APBN namanya Galatama(profesional). jadi kalo yg pakai dana Rakyat klub amatir sedang yg murni bisnis profesional.
ardi, jakarta
20:29 14 Agustus 2011
@juniarto, saya juga ngga sepakat dengan penggunaan dana APBD! klub isl yang ngga mandiri, lempar aja ke liga amatir! yang siap professional kembalikan ke liga super! klub lpi kalau mau ikutan daftar jadi anggota pssi dulu lewat kongres!, biar ga jd preseden buruk dimasa depan! tunggu sampai kongres berikutnya! kayak organisasi mbahnya aja! klub kampung begitu...tanpa uang arifin panigoro..mereka juga sampah!!!
ardi, jakarta
20:22 14 Agustus 2011
@maryanto, untuk ikut liga professional ada satu hal yang belum dilakukan klub lpi..jadi anggota pssi melalui kongres! bisa jadi preseden buruk nih! kalo tiba2 nurdin halid dan nirwan bakrie bikin lpi jilid 2 gimana??
12 tim? statuta kakekmu??! tau ngga jumlah klub di australia dan timur tengah?? johar malah mau bikin 2 wilayah yang jelas bertentangan dengan rekomendasi afc
juniarto, sumenep
12:57 14 Agustus 2011
kalau sepak bola kita ingin maju ikuti aturan kompetisii profesional yg ada didunia wong!klub2 kita banyak yg memakai APBDkok mau profesional lanjutkan cita2 bapak pengurus pssi yg baru bravo pssi jaya indonesia ku.
good, bandung
09:48 14 Agustus 2011
Kalo idak salah PSSI mau buat pormat kompetisi yang baru... nah yang tidak mau ikut dengan kompetisi ini monggoooo mundur aja jangan sibuk mengurus club lain...dengan alasan yang tidak masuk akal.. pusinnng kapan indonesia mau maju jika sibuk ngurusi orang lain diri sendiri iadak terurus...