FOLLOW US:


Persija vs Persib Banjir Kartu, Wasit Buktikan Nyali Pimpin Laga Panas

11-07-2019 11:01
Persija vs Persib Banjir Kartu, Wasit Buktikan Nyali Pimpin Laga Panas
Persija Jakarta vs Persib Bandung © Liputan6.com/Faizal Fanani

Bola.net - Persija Jakarta bermain imbang 1-1 melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada pekan ke-8 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar, Rabu (10/7). Laga panas yang dipimpin wasit Fariq Hitaba ini diwarnai tujuh kartu kuning dan satu kartu merah.

Persija membuka keunggulan lewat gol Marko Simic di menit 75. Persib membalasnya di masa injury time lewat gol Artur Gevorkyan.

Wasit Fariq Hitaba layak diacungi jempol, karena berani bertindak tegas sepanjang laga. Wasit asal Yogyakarta tersebut tanpa ampun mengganjar bek sayap Persija, Novri Setiawan, dengan kartu merah karena aksi tak sportif ke bomber Persib, Ezechiel N'Douassel, saat hendak melakukan tendangan bebas.

Novri sempat menolak keluar lapangan. Ia protes ke sang wasit. Namun Fariq bergeming. Ia tetap pada keputusannya mengeluarkan sang pemain.

Reputasi Fariq Hitaba sebagai wasit yang tegas bukan sesuatu yang baru. Ia yang pernah nekat melakukan VAR memakai kamera siaran langsung di Liga 1 2017. Dalam laga Persija Vs Persib, sebagian besar kartu kuning diganjarkan sang pengadil ke tim tamu.

Pemain Maung Bandung yang kena kartu kuning antara lain: Hariono, Indra Mustafa, Achmad Jufriyanto, Rene Mihelic, Ezechiel N'Douassel. Sementara itu, dua kartu kuning ke Persija dilayangkan ke Riko Simanjuntak dan Maman Abdurrahman.

Satu hukuman kartu kuning diberikan Fariq ke Indra Mustafa pada menit ke-38. Sang pemain sejatinya tak dalam posisi turun di lapangan. Ia berstatus pemain cadangan yang kena hukuman karena protes belebihan.

Ketegasan wasit Fariq Hitaba ini memang diperlukan. Pasalnya, pertandingan dengan tensi tinggi seperti ini memang butuh wasit yang bersikap tanpa kompromi.

Scroll terus ke bawah.