FOLLOW US:


Persija vs Persib: Menanti Duel Pemain Muda

10-07-2019 11:03

 | Aga Deta

Persija vs Persib: Menanti Duel Pemain Muda
Persija Jakarta vs Persib Bandung © Bola.net

Bola.net - Laga bigmatch antara Persija Jakarta kontra Persib Bandung dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 akan segera berlangsung. Tak hanya pemain senior, pemain muda yang dimiliki kedua klub siap memanaskan persaingan.

Persija menjamu Persib dalam laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Duel dua tim era perserikatan ini selalu dinantikan, terutama oleh kelompok suporter dari masing-masing tim.

Bagi The Jakmania, pertemuan Persija dan Persib kali ini terasa lebih istimewa. 60 ribu lebih The Jakmania akan memadati tribune stadion, yang membuat pertandingan ini seolah menjadi pesta besar bagi The Jakmania, terutama karena dilarangnya bobotoh untuk datang SUGBK.

Bisa dibayangkan bagaimana atmosfer SUGBK dalam pertandingan kali ini. Bagi kedua tim, kehadiran The Jakmania yang memadati SUGBK tentu bisa menjadi tekanan, terutama bagi Persib. Sementara bagi Persija, dukungan suporter mereka juga bisa menjadi tekanan untuk bisa meraih tiga poin, yang pada akhirnya mereka sebut sebagai motivasi.

Dengan begitu besarnya tekanan yang akan terasa di atas lapangan, bayangkan kehadiran pemain-pemain muda dari kedua tim yang akan berlaga di dalam pertandingan ini. Rezaldi Hehanussa dan Febri Hariyadi yang musim lalu masih berstatus sebagai pemain muda, sudah merasakan atmosfer tersebut. Namun, bagaimana dengan pemain lainnya?

Kali ini akan diulas mengenai keberadaan pemain-pemain muda, baik dari Persija maupun Persib, yang mungkin saja ada di antara mereka mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam laga kali ini.

1 dari 2

Hamra Hehanussa, Feby Eka Putra, dan Resky Fandi Witriawan

Hamra Hehanussa, Feby Eka Putra, dan Resky Fandi Witriawan
Penggawa Persija Jakarta, Feby Eka Putra © Persija Media

Bicara soal pemain muda yang dimiliki Persija, saat ini ada tiga nama yang selalu menghiasi daftar pemain Macan Kemayoran dalam laga-laga sebelumnya. Ketiga nama itu adalah Al Hamra Hehanussa, Feby Eka Putra, dan Resky Fandi Witriawan.

Sebelum berlanjut, nama Rezaldi Hehanussa tidak masuk meski usianya saat ini masih 23 tahun. Selain karena masih dalam pemulihan cedera, pemain yang karib disapa Bule itu bisa dibilang tidak masuk dalam kategori pemain muda Liga 1 2018 yang menerapkan syarat kelahiran di atas 1 Januari 1997.

Namun, Al Hamra Hehanussa, adik dari Rezaldi, kini berada dalam skuat Macan Kemayoran. Hamra sudah menjalani debutnya bersama Persija ketika bermain imbang tanpa gol dengan Persela Lamongan pada pekan kelima. Saat itu, Hamra diplot sebagai bek kanan untuk menggantikan Ismed Sofyan yang absen.

Selain Hamra, ada nama Resky Fandi Witriawan. Pemain kelahiran 1 Februari 1999 itu memang sampai saat ini belum mendapatkan debut bersama Macan Kemayoran. Namun, pelatih Julio Banuelos sudah dua kali membawanya masuk dalam skuat ketika Persija menghadapi Persela dan PSS Sleman.

Harus diakui, kedua pemain muda tersebut kecil kemungkinannya bisa mendapatkan menit bermain ketika Persija menghadapi Persib. Gengsi besar pertandingan yang melibatkan emosional suporternya itu bisa menjadi tekanan yang besar bagi pemain muda.

Namun, Persija masih memiliki satu pemain yang mungkin saja mendapatkan kesempatan dalam pertandingan ini. Pemain tersebut adalah Feby Eka Putra. Sejak mendapatkan debut bersama Persija dalam laga kontra Persela, Feby Eka Putra selalu masuk dalam skuat Persija.

Feby menjadi starter dalam tiga laga, menghadapi Persela, menjamu Borneo FC di leg pertama semifinal Piala Indonesia, dan ketika menjamu PSS Sleman. Baru pada laga leg kedua semifinal Piala Indonesia, Feby Eka dicadangkan oleh Julio Banuelos.

Dengan hanya menjadi pemain cadangan dalam laga kontra Borneo FC di Samarinda, tidak mustahil Feby Eka Putra akan mendapatkan kesempatan ketika Persija menjamu Persib. Seperti yang diungkapkan oleh Julio Banuelos, pelatih asal Spanyol itu ingin memberikan menit bermain kepada Feby Eka Putra yang dinilai memiliki potensi besar di masa depan.

2 dari 2

Gian Zola dan Indra Mustafa

Gian Zola dan Indra Mustafa
Gian Zola © Bola.com/Erwin Snaz

Seperti halnya Rezaldi Hehanussa di Persija, nama Febri Hariyadi tidak masuk sebagai pemain muda Persib dengan alasan regulasi pemain muda Liga 1 2019 yang minimal merupakan pemain kelahiran 1 Januari 1997.

Dengan demikian, ada nama Gian Zola Nasrulloh, Indra Mustafa, Agung Mulyadi, dan Beckham Putra Nugraha dalam skuat Persib Bandung yang masuk dalam kategori pemain muda. Keempat pemain ini pun merupakan aset masa depan Persib yang belum mendapatkan banyak menit bermain.

Keempatnya sama-sama baru mendapatkan kesempatan satu kali bertanding di Liga 1 2019 sejauh ini. Indra Mustafa mendapatkan kesempatan bermain penuh saat Persib kalah 1-2 dari Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat pada 30 Juni. Bek muda Persib ini juga empat kali masuk daftar pemain ketika Persib menghadapi Persebaya, Semen Padang, Tira Persikabo, dan Persipura.

Sementara itu, tiga pemain muda lain berposisi sebagai gelandang. Gian Zola, Beckham Putra, dan Agung Mulyadi, sejauh ini memang harus bersaing ketat di lini tengah Persib untuk bisa mendapatkan menit bermain.

Gian Zola mendapatkan kesempatan bermain selama 28 menit saat Persib takluk 0-4 dari Persebaya. Selain masuk dalam daftar pemain dalam laga kontra Bajul Ijo, Gian Zola baru masuk dalam daftar pemain Persib saat bermain imbang 1-1 dengan Madura United, di mana pemain berusia 20 tahun itu tak mendapatkan kesempatan turun ke lapangan.

Kesempatan yang diraih Gian Zola lebih baik dari saudaranya, Beckham Putra, dan juga rekannya, Agung Mulyadi. Kedua pemain itu mendapatkan menit bermain paling kecil.

Beckham Putra baru mendapatkan 11 menit bertanding saat Persib menghadapi Tira Persikabo. Selain masuk dalam skuat Maung Bandung dalam laga kontra Tira Persikabo, Beckham Putra juga masuk dalam tim ketika menang 3-0 atas Persipura. Namun, saat itu ia tidak mendapatkan kesempatan bermain dari Robert Alberts.

Sementara Agung Mulyadi baru mendapatkan 15 menit bermain ketika Persib menghadapi Madura United. Pertandingan itu menjadi satu-satunya laga yang melibatkan namanya di Liga 1 2019.

Melihat menit bermain yang didapatkan empat pemain muda Persib itu hingga sejauh ini, memang sulit untuk memprediksi siapa yang mungkin mendapatkan kesempatan dalam laga kontra Persija. Indra Mustafa yang memiliki menit bermain paling banyak pun tentu harus bersaing dengan pemain-pemain yang lebih senior mengingat tensi pertandingan kontra Persija ini jauh lebih tinggi.

Sumber: Bola.com