FOLLOW US:


Persipura Tak Mau Dapat Jatah Gratisan ke AFC

09-10-2017 18:24
Persipura Tak Mau Dapat Jatah Gratisan ke AFC
Persipura Jayapura © Ist

Bola.net - Persipura Jayapura menegaskan sikap mereka terkait adanya kabar bahwa tim tersebut akan mendapat jatah ke kompetisi AFC Cup, jika kompetisi Liga 1 harus mandek di tengah jalan. Mutiara Hitam memastikan menolak mendapat jatah gratisan ke turnamen Asia tersebut.

"Berdasarkan rapat manajemen Persipura Jayapura kami sampaikan bahwa bila jatah itu kami dapatkan karena kami berada di peringkat 1, 2, atau 3 pada tahun 2017 ini maka itu menjadi hak kami sesuai aturan," ujar Media Officer Persipura, Ridwan Madubun.

"Namun, bila jatah itu karena kami adalah runner up 2014 lalu, kami merasa tidak berhak. Itu bukan hak kami. Kalau acuannya kompetisi 2014 itu tidak benar, jatah 2014 sudah diberikan dan disepakati pada TSC 2016 lalu, walaupun akhirnya jatah itu hangus karena tidak didaftarkan tetapi jatah itu sudah terakomodir, jadi tidak bisa lagi kita bicara 2014," sambungnya.

Pria yang karib disapa Bento ini menambahkan, Persipura menganggap tim yang berada di peringkat atas pada klasemen terakhir 2017 merupakan pemilik hak untuk bermain di kompetisi Asia. Bila acuannya klasemen terakhir saat ini, maka Bhayangkara FC, Bali United FC, Madura United FC atau PSM Makassar, adalah tim-tim yang berhak.

"Namun, kalau dalam beberapa saat nanti ada perubahan dan kami berhasil masuk pada posisi yang berhak untuk jatah tersebut ya kami terima," tuturnya.

"Namun, kalau urusan 2014 dibawa-bawa untuk jatah AFC tahun depan menurut kami tidak benar dan kami pasti tolak. Malu lah, kan bukan jatah kita, masa kita ambil? Lagi pula ini kan ranah federasi dan ada aturannya," tambahnya.

Sebelumnya, sempat muncul kabar bahwa Persipura bersama Persib Bandung bakal mendapat jatah ke kompetisi Asia jika kompetisi terhenti di tengah jalan. Kompetisi Liga 1 sendiri sempat dikabarkan bakal dihentikan di tengah jalan akibat rencana mogoknya sejumlah klub -termasuk Persipura- sebagai bentuk protes pada operator kompetisi.

Sementara itu, Persipura dengan tegas menampik tengara bahwa mereka sengaja 'menggembosi' kompetisi demi mendapat jatah ke Asia. Mereka menilai tudingan tersebut terlalu rendah bagi mereka.

"Bahkan, kami siap untuk buat pernyataan resmi secara tertulis, menolak bila ada yang menduga kami ikut kumpulan 15 klub profesional adalah karena jatah itu," ucap Bento.

Lebih lanjut, Bento memastikan Persipura berbesar hati siapapun yang nantinya bakal mewakili Indonesia pada kompetisi Asia. Ia pun menegaskan Mutiara Hitam bakal mendukung, terutama secara moril, wakil Indonesia pada ajang tersebut.

"Kami juga senang dan bangga bila ada rekan klub lain yang bisa berprestasi bahkan menjadi juara di AFC. Bhayangkara, Bali United, Madura United dan PSM Makassar adalah tim-tim yang bisa ukir prestasi karena secara kualitas mereka bisa bersaing," tutupnya.